Magelang, Jawa Tengah (ANTARA) - Bupati Magelang, Provinsi Jawa Tengah, Zaenal Arifin mengatakan kepatuhan masyarakat dalam membayar pajak akan memperkuat kemandirian pembangunan daerah.

"Pajak merupakan instrumen fiskal yang memiliki peran penting dalam pembangunan," katanya saat pengundian kupon bayar pajak daerah di Magelang, Jawa Tengah, Selasa.

Ia menyampaikan apresiasi kepada para wajib pajak yang telah mendapatkan hadiah dan selama ini telah patuh serta memenuhi kewajiban pajaknya secara tepat waktu.

Menurut dia, pengelolaan keuangan pemerintah daerah dari pajak daerah, mampu memutar roda pemerintahan sekaligus dapat meningkatkan kesejahteraan, yang pada akhirnya akan meningkatnya kualitas pelayanan publik, sehingga kesadaran membayar pajak daerah merupakan hal yang sangat penting.

"Kepatuhan membayar pajak bukan hanya untuk kepentingan pemerintah saja, akan tetapi sebagai wujud bakti kita kepada bangsa dan negara. Oleh karena itu, perlu adanya kesadaran bagi masyarakat untuk tertib pajak," katanya.

Kepala Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan, dan Aset Daerah (BPPKAD) Siti Zumaroh menyampaikan tujuan pengundian kupon bayar pajak daerah ini untuk memeriahkan HUT ke-39 Kota Mungkid sebagai sebagai ibu kota Kabupaten Magelang.

Selain itu, katanya untuk memperkuat penerimaan fiskal daerah Kabupaten Magelang agar dapat melaksanakan pembangunan dengan lebih baik.

"Kemudian, untuk memberikan apresiasi kepada wajib pajak di Kabupaten Magelang yang telah membayarkan pajaknya dengan tertib dan meningkatkan semangat kepada para wajib pajak daerah untuk membayar pajak daerah dengan tepat waktu," katanya.
 

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024