Semarang (ANTARA) - BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Cabang Ungaran menekankan pentingnya penerapan budaya K3 atau keselamatan dan keselamatan kerja bagi seluruh pelaku usaha baik yang sudah menjadi peserta maupun yang belum terdaftar Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Ungaran Budi Jatmiko pada peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional Tahun 2023 di Dusun Semilir, Kabupaten Semarang, Kamis (26/1/2023).

Bulan K3 Nasional 2023 yang berlangsung dari 12 Januari hingga 12 Februari 2023 mengusung tema Terwujudnya Pekerjaan Layak yang Berbudaya K3 Guna Mendukung Keberlangsungan Usaha di Tempat Kerja. 

"Setiap pekerjaan pasti memiliki risikonya masing-masing. Oleh karena itu, sangat penting bagi setiap perusahaan untuk memiliki pemahaman serta penerapan budaya K3 yang baik," kata Budi Jatmiko yang didampingi Sekretaris BPJS Ketenagakerjaan Cabang Ungaran Hardianto Wicaksono.

Budi Jatmiko menjelaskan K3 merupakan salah satu aspek penting dalam perlindungan tenaga kerja dan merupakan hak dasar dari setiap tenaga kerja. 

"Sangat penting menciptakan lingkungan kerja yang aman dan sehat, sehingga dapat menghindari terjadinya kecelakaan atau penyakit akibat kerja yang tentunya bisa berdampak pada demotivasi dalam bekerja ataupun penurunan produktivitas," katanya.

Jatmiko juga mengingatkan pentingnya keselamatan dan kesehatan kerja yang komprehensif untuk seluruh pegawai perusahaan. 

"Keselamatan tidak terlepas dari kesehatan. Orang yang sehat akan memperhatikan keselamatan dengan lebih baik. Keselamatan di tempat kerja, didukung oleh keselamatan di rumah. Karena itu, sangat penting untuk menjaga keselamatan baik di rumah maupun tempat kerja secara komprehensif. Keseimbangan antara bekerja, di rumah, serta waktu untuk beristirahat, harus dapat diciptakan secara perlahan-lahan dengan program yang tepat," katanya.

Melalui rangkaian acara yang diselenggarakan selama sebulan ini, Pemerintah mengharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan kepatuhan terhadap norma K3, serta penerapan K3 pada bidang pekerjaan masing-masing. 

"Secara khusus, saya juga berharap rangkaian kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran terhadap budaya keselamatan kerja yang terdiri dari keselamatan pekerja, instalasi, lingkungan dan umum, serta kita menjadi mampu menerapkan budaya tersebut dalam kehidupan kita, baik sebagai pekerja maupun sebagai pribadi," kata Budi Jatmiko.

Selanjutnya, katanya, sebagai wujud komitmen BPJS Ketenagakerjaan Cabang Ungaran terhadap Bulan K3 Nasional 2023, pihaknya terus menggaungkan pentingnya mendaftarkan pekerja dalam program jaminan sosial sebagai salah satu upaya penegakan K3 di lingkungan kerja.

Pewarta : KSM
Editor : Nur Istibsaroh
Copyright © ANTARA 2024