Jakarta (ANTARA) - Tak ada lagi layanan 3G di Amerika Serikat (AS) mulai tahun ini. Negara tersebut resmi mengucapkan selamat tinggal 3G menyusul penyedia telekomunikasi Verizon yang telah mematikan layanan seluler tersebut per 31 Desember 2022.

Menurut laporan Komisi Komunikasi Federal AS (FCC), Selasa, penyedia telekomunikasi lainnya yakni AT&T telah mematikan layanan 3G pada bulan Februari tahun 2022, dan T-Mobile mulai mematikan jaringan tersebut pada bulan Maret 2022.

FCC mengatakan, layanan jaringan 3G dimatikan secara bertahap karena sejalan dengan operator seluler yang berupaya memutakhirkan jaringan mereka untuk menggunakan teknologi terbaru.

"Penutupan layanan lama, seperti 3G, untuk membebaskan spektrum dan infrastruktur guna mendukung layanan baru, seperti 5G," kata FCC.

Berdasarkan laporan dari The Verge, Verizon juga telah mengirimi para pelanggannya yang sebelumnya masih menggunakan perangkat lama, dengan gawai seluler baru yang berkemampuan LTE. Pengiriman tersebut juga disertai dengan surat yang menjelaskan tentang perubahan jaringan yang terjadi.

Di sisi lain, 3G masih ada di beberapa negara.

Di Indonesia, 3G juga masih tersedia di sejumlah wilayah.

Ponsel 3G pertama mulai muncul pada awal tahun 2000-an, tetapi di AS, jaringan tersebut benar-benar muncul beriringan dengan kehadiran ponsel pintar (smartphone).

Di India di mana layanan 5G telah diluncurkan, 4G sekarang merupakan hampir 99 persen dari total lalu lintas data yang dikonsumsi di seluruh negeri.

 

Pewarta : Arnidhya Nur Zhafira
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024