Grobogan (ANTARA) -
Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah Denny Septiviant menggelar acara nonton bareng film berjudul Jalan Kebangkitan di Mako Banser Grobogan, Kabupaten Grobogan, untuk menunjukkan pentingnya peran para kiai dan ulama dalam meletakkan fundamen ideologi aswaja bagi PKB.

Film yang disutradarai Yahdi Jamhur itu mengisahkan tentang tiga orang anak muda santri yang mendapatkan tugas akhir dari kiai-nya di Mahad Aly untuk menelusuri sejarah Nahdlatul Ulama dan PKB.

Dan menjawab pertanyaan apakah PKB sudah sesuai dengan ajaran Islam ahlusunnah wal jamaah an'nahdliyyah.

Dalam rangka menjalankan amanah tersebut mereka melakukan perjalanan spiritual ke beberapa pondok pesantren, sowan kepada para kiai, dan ziarah ke makam para wali, kiai di seputar Provinsi Jawa Tengah untuk menelisik sejarah sekaligus berharap mendapat wasilah agar tugas akhir dapat terselesaikan dengan baik.

"Saya mendorong film ini untuk diputar di setiap acara pengkaderan dan pengajian NU dan banom-banomnya. Nobar Ini adalah bagian dari perayaan Hari Santri Nasional dan Hari Pahlawan yang sangat kita maknai sebagai kebangkitan kaum santri berjihad secara politik yang tadi diperlihatkan oleh para ulama di film tersebut," katanya.

Usai nobar, Denny mengingatkan warga nahdliyin bahwa  jalan politik nahdliyyin adalah politik kebangsaan berlandaskan pada ajaran ahlusunnah wal jamaah an nahdliyyah.
Wachid Santanu, salah satu penonton dari Kecamatan Geyer menuturkan setelah nonton film tersebut merasa mendapat banyak pelajaran yang dapat dipetik.

"Film ini meningkatkan ukhuwah kita, baik ukhuwah Islamiah maupun ukhuwah wathaniah dan ukhuwah basyariyah kita sehingga film ini harus disebarluaskan dan ditonton  santri generasi milenial agar mereka tidak gamang menghadapi situasi ancaman ideologi bangsa di tengah gerusan ideologi global kiri dan kanan ekstrem saat ini," katanya.

Suprihanto, penonton dari Kecamatan Kradenan menambahkan dirinya melihat bahwa inspirasi yang disampaikan para ulama seperti Kiai Ubaid, Koai Yusuf Chudlori, dan Kiai Muhaiminan Gunardlo sangat betul-betul membawa motivasi milenial santri untuk memahami sejarah dan bangkit secara politis.

Sebelumnya, DPW PKB Jawa Tengah telah meluncurkan film miniseri berjudul Jalan Kebangkitan yang bercerita tentang kehidupan santri termasuk hubungan pondok pesantren dengan NU, PKB dan posisi Ketua Umum PKB Gus Muhaimin pada masa awal pembentukan PKB.

Film ini dapat ditonton di Channel Youtube Gus Yusuf Channel dan DPW PKB Jawa Tengah.

Pewarta : Wisnu A.N
Editor : Wisnu Adhi Nugroho
Copyright © ANTARA 2024