Semarang (ANTARA) - Kepala Lapas Kelas IIA Sragen Purwoko Suryo Pranoto telah masuki masa purnatugas setelah mengabdi selama 34 tahun di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Sebelum ada pengganti yang definitif, tugas dan kewenangannya akan digantikan Kepala Bidang Pembinaan, Bimbingan Teknologi Informasi Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jateng Budi Yuliarno.

Serah terima jabatan di antara keduanya berlangsung Selasa (1/11/2022), bertempat di Aula Lapas Sragen dan prosesi peralihan jabatan disaksikan Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng A Yuspahruddin, Rabu (2/11/2022).

"Pak Purwoko itu santunnya luar biasa. Sangat bersahaja dan pantas untuk diteladani. Kemudian sangat disiplin. Benar-benar memberikan contoh yang baik kepada bawahannya," kata Yuspahruddin.

Baca juga: Dua Kalapas/Rutan di wilayah Jateng diganti

Tidak hanya itu, kinerja Purwoko selama dua tahun empat bulan memimpin Lapas Sragen, bagi Yuspahruddin juga membanggakan. Lapas Sragen tidak pernah tercatat menyumbangkan permasalahan yang berat.

"Pak Purwoko juga telah banyak melakukan pembinaan dan kegiatan sosialisasi dengan luar biasa dan yang paling penting, selama memimpin tidak pernah ada permasalahan-permasalahan yang berat, yang viral yang terjadi," kata Yuspahruddin.

Baca juga: Kemenkumham Jateng evaluasi pekerjaan kontruksi

Pada kesempatan itu, Kakanwil juga mengingatkan tamu undangan yang sebagian besar adalah Kepala UPT untuk bisa menjadi pemimpin yang mampu menjadi teladan dan memberikan contoh yang baik kepada bawahan. 

Selain itu, lanjut Yuspahruddin, selalu waspada, menghindari dan mengantisipasi kemungkinan terjadinya permasalahan yang besar, gangguan keamanan, atau kejadian yang berpotensi menimbulkan berita viral negatif.

Bersamaan dengan kegiatan tersebut, digelar juga serah terima tugas, tanggungjawab dan kewenangan Ketua Dharma Wanita Persatuan Pengayoman Lapas Sragen yang disaksikan oleh Ketua Dharma Wanita Persatuan Pengayoman Kanwil Kemenkumham Jateng Restu Rida Yuspahruddin.

Hadir pada kegiatan itu, Kepala Divisi Administrasi Jusman, Kepala Divisi Pemasyarakatan Supriyanto, Kepala Lapas Kelas I Semarang Tri Saptono.

Tampak juga beberapa Kepala UPT di lingkungan Kanwil Kemenkumham Jateng, ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan Pengayoman, dan perwakilan Purna Bakti Lapas Sragen.

Baca juga: Kemenkumham Jateng borong tiga penghargaan

Pewarta : KSM
Editor : Nur Istibsaroh
Copyright © ANTARA 2024