Semarang (ANTARA) - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah A. Yuspahruddin melantik dua orang masing-masing pengganti antarwaktu (PAW) Majelis Pengawas Daerah (MPD) notaris dan notaris pengganti dilantik, yang berlangsung di ruang kerja Kakanwil, Senin (24/10).

Hadir menyaksikan prosesi pelantikan jajaran Pimti Pratama, Kepala Divisi Administrasi Jusman, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Bambang Setyabudi, Kepala Divisi Pemasyarakatan Supriyanto, dan Kepala Divisi Keimigrasian Wishnu Daru Fajar.

Imam Supingi didapuk sebagai PAW MPD Kedu Selatan menggantikan Subagyo Raharjo. Sementara Joshua Pramana diamanahi menjadi Notaris Pengganti di Kabupaten Purworejo yang juga menggantikan Subagyo Raharjo yang menjalani cuti selama enam bulan hingga April 2023.

Baca juga: Kemenkumham Jateng gelar Rakor MPW/MPD Notaris

Kepada PAW MPD, Yuspahruddin menyampaikan untuk senantiasa menjaga martabat notaris dan melindungi hak pengguna jasa notaris atas kepastian hukum. Untuk itu ia berpesan agar Imam Supingi mempelajadi hal-hal yang diperlukan untuk membina dan mengawasi notaris di daerahnya.

“Saya minta untuk memperkuat kegiatan-kegiatan dalam rangka pengawasan dan pembinaan (notaris). Pelajari apa yang harus dilakukan sebagai pembina dan pengawas. MPN harus benar-benar mengawasi dan melakukan pembinaan kepada para notaris," jelas Yuspahruddin.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah A. Yuspahruddin melantik dua orang masing-masing pengganti antarwaktu (PAW) Majelis Pengawas Daerah (MPD) notaris dan notaris pengganti dilantik, yang berlangsung di ruang kerja Kakanwil, Senin (24/10). ANTARA/HO-Kemenkumham

Baca juga: Yuspahruddin lantik 108 Majelis Pengawas Daerah Notaris

Sementara kepada Notaris Pengganti, Kakanwil menitipkan pesan dalam setiap menjalankan tugas sebagai pejabat publik agar selalu menerapkan prinsip mengenali pengguna jasa. Hal itu penting sebagai langkah mengantisipasi adanya tindakan kriminal semisal terorisme maupun money laundry.

“Saya titip saudara harus menerapkan prinsip mengenali pengguna jasa. Jangan sampai ada pengguna jasa yang ternyata melakukan kejahatan terorisme atau money laundry.“Kami yakin bahwa saudara telah melaksanakan tugas-tugas dan memahami aturan-aturan. Tidak hanya tentang jabatan notaris, tetapi peraturan perundangan-undangan lainnya," kata Kakanwil sebelum mengakhiri sambutannya.

Bertindak sebagai saksi adalah Kabid Pelayanan Hukum Agustinus Yosi Setyawan dan Kasubid Administrasi Hukum Umum Widya Pratiwi Asmara.

Baca juga: Empat notaris diperiksa Majelis Kehormatan Notaris Jateng


Pewarta : KSM
Editor : Nur Istibsaroh
Copyright © ANTARA 2024