Semarang (ANTARA) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan atau BPJAMSOSTEK Semarang Majapahit, Jawa Tengah ikut mendorong para pekerja tumbuh dan kuat, kata Kepala BPJAMSOSTEK Semarang Majapahit Imron Fatoni.

Hal itu disampaikan Imron Fatoni dalam rangkaian Hari Pelanggan Nasional, Senin.(5/9/2022) disela-sela memberikan pelayanan special kepada peserta.

"Dalam rangka menyambut Hari Pelanggan Nasional tahun 2022, seluruh karyawan turun langsung untuk menyambut dan memberikan informasi serta membantu proses klaim dari peserta yang datang ke kantor pada Senin (5/9)," kata Imron.

Perayaan Hari Pelanggan Nasional, kata Imron, juga dilaksanakan di seluruh kantor cabang dan untuk perwakilan di bawah wilayah kerja Kantor BPJAMSOSTEK Semarang Majapahit yakni Kantor Cabang Grobogan yang merayakan juga kegiatan yang sama.

"Harapannya, semoga seluruh pekerja sadar akan pentingnya Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, karena tidak ada salahnya kita sedia payung sebelum hujan, jika pekerja sudah terlindungi, maka jika terjadi risiko di kemudian hari, pekerja tidak perlu was-was tentang biaya yang akan dikeluarkan, karena semua biaya apabila terjadi risiko dalam pekerjaan akan ditanggung oleh BPJAMSOSTEK," kata Imron.

Dalam kesempatan tersebut, Imron juga memberikan sosialisasi terkait perlindungan dan manfaat apa saja yang diperoleh peserta jaminan sosial ketenagakerjaan apabila terjadi risiko kerja.

"Bagi peserta yang akan mengajukan klaim manfaat BPJAMSOSTEK, sekarang sudah di permudah dengan adanya klaim online melalui Layanan Tanpa Kontak Fisik (LAPAKASIK) atau bisa melalui Jamsostek Mobile (JMO), saya juga tekankan jangan melalui calo, karena akan sangat merugikan peserta. Hak yang didapat dari manfaat program BPJAMSOSTEK adalah hak penuh peserta, karena yang mengiurkan peserta, jadi yang berhak mendapatkan hasilnya ya peserta itu juga," kata Imron.

Untuk memeriahkan acara, tim BPJS Ketenagakerjaan memberikan kuis dan cenderamata kepada peserta yang datang ke BPJAMSOSTEK Semarang Majapahit.

Rani, seorang pengunjung yang akan mencairkan manfaat Jaminan Hari Tua (JHT) di Kantor BPJAMSOSTEK Semarang Majapahit, dia mengaku takjub dengan penyambutan tersebut, karena tidak seperti biasanya.

"Penyambutannya benar-benar berbeda dan pelayanannya juga sangat ramah dan informatif. Awalnya hanya tahu klaim Jaminan Hari Tua (JHT) harus datang ke kantor, ternyata bisa dilakukan secara daring setelah dibantu oleh petugas yang ada di kantor," kata Rani.

Kepala BPJAMSOSTEK Semarang Majapahit Imron Fatoni menambahkan peserta yang mengajukan klaim baik secara daring maupun luring datang ditempat, bagi peserta yang paham akan teknologi terutama bagi kaum milenial ya sepertinya akan lebih mudah untuk diarahkan dan dipandu dalam mengajukan klaim secara daring guna mempermudah proses, sedangkan yang berusia pensiun atau usia lanjut akan dilayani secara langsung oleh petugas dan bisa langsung melalui aplikasi Jamsostek Mobile (JMO)," imbuhnya.
 

Pewarta : KSM
Editor : Nur Istibsaroh
Copyright © ANTARA 2024