Purwokerto (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 5 Purwokerto menghadirkan angkringan di Stasiun Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke-77 Republik Indonesia.

Kegiatan bertajuk "Angkringan on Station" yang digelar di area parkir Stasiun Purwokerto, Rabu sore, dibuka secara resmi oleh Kepala PT KAI Daop 5 Purwokerto Daniel Johannes Hutabarat.

Saat ditemui wartawan, Daniel mengatakan kegiatan tersebut digelar untuk memeriahkan peringatan HUT Ke-77 RI dengan mengajak para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang bergerak dalam bidang usaha angkringan.

"Jadi ada 10 pelaku UMKM yang ada di sini, kami ajak untuk berpartisipasi dalam 'Angkringan on Station" ini. Kami berharap calon penumpang kereta api bisa menikmati sajian yang ada di sini," katanya.

Daniel mengatakan angkringan yang merupakan kuliner sederhana dengan sajian makanan tradisional itu saat sekarang sudah menjamur di berbagai kota terutama di Pulau Jawa.

Terkait dengan hal itu, pihaknya mengharapkan kehadiran angkringan tersebut dapat memberikan kesan tersendiri bagi calon penumpang kereta api di Stasiun Purwokerto.

Selain itu, kegiatan "Angkringan on Station" juga merupakan bentuk dukungan PT KAI Daop 5 Purwokerto kepada para pelaku UMKM karena kegiatan usaha tersebut merupakan pilar terpenting dalam perekonomian Indonesia.

"Terutama dalam masa pemulihan ekonomi akibat pandemi COVID-19," kata Kadaop.

Baca juga: Perayaan HUT RI, ada peragaan busana di Stasiun Tawang Semarang

Menurut dia, kegiatan tersebut juga dalam rangka menyosialisasikan aplikasi KAI Access yang digunakan untuk pemesanan tiket kereta api serta aplikasi KAIPay yang merupakan alat pembayaran atau dompet digital.

Oleh karena itu, kata dia, bagi calon penumpang yang ingin makan sepuasnya secara gratis di lokasi "Angkringan on Station" harus memiliki KAI Access atau kode "booking" pembelian tiket melalui aplikasi tersebut.

"Kegiatan 'Angkringan on Station' hanya berlangsung hari ini (17/8), pukul 16.00-20.00 WIB. Ada 10 gerobak angkringan yang menyediakan nasi 'kucing' berbagai variasi, minuman tradisional, aneka gorengan, dan menu pelengkap," katanya.

Ia mengatakan secara keseluruhan disediakan sebanyak 1.000 porsi makanan khas angkringan, masing-masing senilai Rp20.000.

Selain kegiatan "Angkringan on Station", kata dia, pihaknya juga mengadakan lomba tarik lokomotif jenis CC201 yang diikuti manajemen PT KAI Daop 5 Purwokerto dan Depo Lokomotif.

"Lomba tarik lokomotif ini digelar usai mengikuti Upacara HUT Ke-77 RI secara virtual. Ada dua lokomotif CC201 yang ditarik, sedangkan pesertanya antarmanajemen Daop 5 dan antarteman-teman Depo," kata Daniel.

Salah seorang calon penumpang kereta api tujuan Jakarta, Wahyu menyambut baik kegiatan "Angkringan on Stasion" karena sangat membantu calon penumpang yang belum sempat makan siang.

"Ini sangat bagus. Kebetulan saya belum makan, jadi langsung ke sini," katanya.

Baca juga: KAI Purwokerto mulai terapkan aturan baru pengguna kereta jarak jauh
Baca juga: Promo Merdeka, KAI tawarkan tiket kereta mulai Rp17.000

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024