Semarang (ANTARA) -
PT Fast Food Indonesia Tbk selaku pemegang waralaba jaringan restoran cepat saji KFC di Indonesia, meresmikan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) dan stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) di gerai KFC Indonesia sebagai wujud komitmen dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Direktur PT Fast Food Indonesia Tbk Justinus D Juwono mengatakan bahwa peresmian PLTS dan SPKLU di gerai KFC Indonesia yang berlokasi di Jalan Panjang, Jakarta Barat, merupakan hasil kerja sama pihaknya dengan PT Agra Surya Energy dan PT PLN (Persero).
Selain itu pemanfaatan energi terbarukan oleh KFC Indonesia merupakan salah satu bentuk dukungan terhadap pemerintah dalam upaya untuk meningkatkan ketahanan energi nasional dan mencapai target Carbon Neutral 2060.

Menurut dia, pembangunan PLTS dan SPKLU untuk gerai KFC Indonesia telah berlangsung sejak Oktober 2021 dan hingga Agustus 2022 tercatat PLTS dan SPKLU telah hadir di 10 lokasi gerai KFC Indonesia.

"Kami berencana untuk terus mengembangkan PLTS dan SPKLU di sejumlah gerai KFC Indonesia. KFC Indonesia merupakan restoran cepat saji pertama di kawasan Greater Asia yang memanfaatkan PLTS dalam memenuhi kebutuhan tenaga listrik," katanya melalui keterangan pers tertulis.

Ia mengungkapkan, sejak menggunakan PLTS sebagai pemasok kebutuhan listrik, KFC Indonesia telah mampu melakukan penghematan biaya pemakaian listrik secara signifikan.

Sejak digunakan pada bulan Oktober 2021, PLTS mampu menyediakan 30 persen kebutuhan listrik gerai dan pada tahap selanjutnya PT FFI akan berusaha untuk membangun PLTS lebih banyak lagi sekaligus memperbesar penggunaan listrik lewat energi terbarukan. 

"Komitmen PT FFI sebagai pemegang waralaba KFC dan Taco Bell di Indonesia, dalam kelestarian lingkungan sudah berjalan sejak 1990-an. Penggunaan energi terbarukan dengan pembangunan PLTS ini semakin menegaskan komitmen tersebut," ujarnya.

Presiden Komisaris PT Agra Surya Energy AM Fachir menambahkan, langkah yang diambil KFC Indonesia dapat menjadi contoh bagaimana usaha menjaga kelestarian lingkungan memberi andil pada penghematan biaya operasional. 
 
"Kami sebagai perusahaan manufaktur solar panel memandang bahwa penerapan PLTS oleh KFC Indonesia merupakan langkah yang dapat memberi inspirasi dalam mendukung ketahanan energi nasional," katanya.

Pewarta : Wisnu A.N
Editor : Wisnu Adhi Nugroho
Copyright © ANTARA 2024