Cilacap (ANTARA) - Sebanyak 1.500 pekerja rentan di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, menerima bantuan stimulan berupa premi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan atau BPJAMSOSTEK dari PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap.

Bantuan stimulan premi BPJAMSOSTEK tersebut diserahkan secara simbolis oleh Area Manager Communication, Relations, & CSR PT KPI RU IV Cilacap Cecep Supriyatna kepada Sekretaris Daerah Cilacap Awaluddin Muuri di Ruang Sekda, Senin (1/8).

Bantuan yang merupakan wujud nyata kepedulian PT KPI RU IV Cilacap kepada masyarakat sebagai bagian dari program Tanggung Jawa Sosial dan Lingkungan (TJSL) itu selanjutnya diteruskan oleh Sekda Awaluddin Muuri kepada dua perwakilan penerima, yakni Kusuman dan Satiman dari kelompok nelayan. 

Penyerahan bantuan tersebut disaksikan oleh Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Cilacap Dewi Manik Imannury didampingi Kepala Bidang Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Cilacap Deden Rinifiandi.

Dalam kesempatan itu, Area Manager Communication, Relations, & CSR PT KPI RU IV Cilacap Cecep Supriyatna mengatakan bantuan tersebut sebagai bukti kehadiran perusahaan bagi masyarakat, khususnya para pekerja rentan sektor informal. 

"Sebagai bagian dari warga Kabupaten Cilacap maka kami seoptimal mungkin berkontribusi bagi warga termasuk memberikan perlindungan bagi pekerja rentan melalui sitmulan premi BPJS Ketenagakerjaan," katanya.

Baca juga: Kampoeng Kepiting Kutawaru binaan Pertamina Cilacap raih Satria Brand Award 2022

Ia mengharapkan bantuan premi untuk satu bulan itu menjadi pendorong bagi para penerima yang selanjutnya bisa meneruskan premi pada bulan berikutnya. 

"Kita tentu berharap para pekerja selalu dalam kondisi sehat dan dijauhkan dari kecelakaan kerja yang tidak diharapkan. Kalaupun sampai terjadi, kehadiran BPJS Ketenagakerjaan bisa meringankan beban mereka," kata Cecep.

Terkait dengan bantuan tersebut, Sekda Awaluddin Muuri mengapresiasi kepedulian PT KPI RU IV untuk membantu premi BPJAMSOSTEK bagi 1.500 pekerja rentan yang memang membutuhkannya.

"Jumlah 1.500 pekerja yang dibantu, ini luar biasa. Kami sampaikan terima kasih. Adanya bantuan ini membuat para penerima bisa lebih tenang dan fokus dalam mencari nafkah," katanya.

Sementara itu, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Cilacap Dewi Manik mengatakan bantuan stimulan premi dari PT KPI RU IV meliputi dua program, yakni Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian senilai Rp16.800 per orang per bulan. 

"Kami tentu menyampaikan terima kasih atas kontribusi PT KPI RU IV memberikan stimulan premi bagi 1.500 pekerja. Kami yakin ini sangat bermanfaat untuk mereka. Semoga nantinya bisa berlanjut di bulan-bulan berikutnya oleh pekerja yang bersangkutan," katanya.

Baca juga: PWP RU IV Cilacap kupas tuntas label dan alur perizinan PIRT
Baca juga: Jaga kredibilitas mitra kerja Pertamina melalui Vendor Day

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024