Semarang (ANTARA) - Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah Sukirman mengajak para pegiat untuk terus menjaga kelestarian lingkungan dari berbagai kerusakan yang mengancam.

"Masih banyak persoalan lingkungan yang menjadi PR, tapi dengan seluruh kemampuan dan keterlibatan semua pihak, kami yakin akan mampu melestarikan lingkungan untuk anak cucu," katanya di Semarang, Kamis.

Ajakan tersebut disampaikan Sukirman terkait dengan diterimanya penghargaan Nirwasita Tantra tahun 2021 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk DPRD Provinsi Jateng.

Penghargaan ini diberikan KLHK karena DPRD Jateng memberikan perhatian khusus soal pelestaran lingkungan melalui peraturan daerah yang diterbitkan.

Selain itu ada peningkatan anggaran untuk program dan kebijakan pembangunan lingkungan, bahkan DPRD Jateng juga mempunyai lembaga khusus yaitu Kaukus Lingkungan sejak 2012.

"Penghargaan ini juga sebagai bukti kepedulian dan keseriusan kami terhadap kelestarian lingkungan hidup. Selama ini, DPRD Jateng juga paling cepat membentuk Kaukus Lingkungan Hidup sebagai salah satu unit kerjanya," ujar politikus Partai Kebangkitan Bangsa itu.

Sukirman yang merupakan Ketua Kaukus Lingkungan Hidup DPRD Jawa Tengah mengungkapkan bahwa DPRD Jateng juga menerima penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra, tapi kali ini berhasil menduduki peringkat pertama sehingga mengungguli Jawa Barat dan Sumatera Selatan.

Dirinya mengaku semakin bersemangat, namun tidak berpuas diri karena masih banyak yang harus dibenahi dan ditingkatkan terkait masalah lingkungan di Jateng.

"DPRD Provinsi Jateng mendapatkan ranking pertama dari tiga provinsi untuk penghargaan di bidang lingkungan atas kebijakan-kebijakannya," katanya.

Kendati demikian, Sukirman mengakui tidak mudah menancapkan ideologi pelestarian lingkungan kepada semua pihak.

"Jadi penghargaan ini sesungguhnya milik mereka yang berjuang untuk kelestarian di lingkungannya masing-masing. Kami bertugas memfasilitasi dan membikin regulasi," ujarnya.

Pewarta : Wisnu A.N
Editor : Wisnu Adhi Nugroho
Copyright © ANTARA 2024