Semarang (ANTARA) -
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno membantu pengadaan musik pengiring berupa gamelan untuk Tari Golek karya seniman dari Sanggar Seni Arsa Jumangkah, Dzari Wahyu (21) di Kota Solo.

Hal tersebut dilakukan Sandiaga saat menyaksikan penampilan Tari Golek oleh Dzari saat mendatangi Workshop Kabupaten dan Kota (KaTa) Kreatif di Kota Surakarta, Sabtu (2/7).

Sandiaga awalnya meminta Dzari menampilkan Tari Golek yang diciptakannya sendiri, namun dirinya terkejut karena seniman tampil tanpa musik pengiring.

"Musiknya gak ada nih?" kata Sandiaga.
Dzari kemudian menjawab jika Tari Goleknya belum memiliki musik pengiring kare na terkendala biaya untuk menyewa gamelan sebagai pengiring tarian ciptaannya.

"Mohon maaf Pak, musiknya itu masih dalam proses pembuatan karena kami belum ada dana untuk membuat musiknya, tapi gerakannya sudah ada, hanya tinggal untuk bikin musiknya belum," ujarnya.

Mendengar jawaban itu, Sandiaga pun merespon untuk membantu Dzari merampungkan musik pengiring Tari Golek tersebut.

"Gak pake lama, gak pake ribet, diberikan bantuan supaya musiknya dari Tari Golek ini bisa segera terwujud," katanya.

Lebih lanjut dirinya mengapresiasi upaya Dzari untuk melestarikan seni tari, apalagi yang bersangkutan membuka sanggar yang diisi oleh anak-anak tanpa dipungut biaya.

"Jadi ini mudah-mudahan nanti berikutnya bisa memberikan kesempatan yang muda-muda karena ini katanya tidak dipungut biaya ya, di sanggar ini diharapkan ke depan musiknya ini bisa kami ciptakan," ujar Sandiaga.

Pewarta : Wisnu A.N
Editor : Wisnu Adhi Nugroho
Copyright © ANTARA 2024