Pekalongan (ANTARA) - Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, menginisiasi kegiatan Festival Kuliner Ramadhan bertajuk "Ngabuburit at Pesindon" sebagai upaya mengenalkan jenis makanan dan minuman asli daerah setempat.

Wali Kota Pekalongan Afzan Arslan Djunaid di Pekalongan, Jateng, Senin, mengatakan kegiatan digelar 9-17 April 2022 mulai pukul 16.00 WIB sampai 21.00 WIB.

"Sebanyak 40 stan kuliner yang menyajikan berbagai pilihan menu untuk berbuka puasa. Bagi warga yang ingin menikmati hidangan menu berbuka puasa, silakan datang ke Jalan Hayam Wuruk," katanya.

Menurut dia, kegiatan Festival Kuliner Ramadhan 2022 merupakan kali pertama digelar karena sebelumnya pemerintah menetapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) adanya kasus COVID-19.

"Ini kali pertama digelar sehingga harap maklum jika terjadi kendala atau belum maksimal, termasuk terjadi kepadatan arus lalu lintas di Jalan Hayam Wuruk," katanya.

Baca juga: Berbuka puasa dengan Dawet Ayu khas Banjarnegara

Afzan Arslan yang akrab disapa Aaf mengatakan untuk menyukseskan kegiatan festival itu, pihaknya menerjunkan petugas dari Dinas Perhubungan, Satpol P3KP, Satuan Lalu Lintas Polres Pekalongan Kota, dan Kodim 0710/Pekalongan.

"Kami berharap semoga inisiasi festival kuliner ini bisa menjadikan pionir kegiatan serupa di masyarakat. Semoga tahun selanjutnya bisa semakin lancar," katanya.

Aaf mengapresiasi pada panitia dan pihak lainnya yang telah membantu terselenggaranya kegiatan festival kuliner ini karena tahun sebelumnya pemerintah tidak mengizinkan adanya kegiatan yang menimbulkan kerumunan.

"Sekarang Ini sudah boleh karena cakupan vaksinasi Kota Pekalongan sudah 60-70 persen, selanjutnya bisa lebih itu. Semoga untuk vaksinasi penguat nantinya bisa melebihi itu sehingga ada peningkatan ekonomi," katanya.

Baca juga: Bubur jewawut kaya gizi, bagus untuk berbuka puasa
Baca juga: Gus Yasin Berburu Kuliner di Kampung Ramadhan

Pewarta : Kutnadi
Editor : M Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024