Purwokerto (ANTARA) - Sedikitnya 14 pondok pesantren Muhammadiyah yang tergabung dalam Persatuan Pondok Pesantren Muhammadiyah Ittihadul Ma’ahid Al Muhammadiyah (ITMAM) se-Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, Cilacap, dan Kebumen (Barlingmascakeb) menjalin kerja sama dengan Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) tersebut dilaksanakan berbarengan dengan acara Rapat Koordinasi ITMAM Se-Barlingmascakeb yang berlangsung di Pondok Pesantren Muhammadiyah Boarding School (MBS) Wanayasa, Banjarnegara, Sabtu-Ahad (5-6/3).

Hadir pada kegiatan itu, Ketua Umum MUI Banjarnegara KH Muhammad Fahmi Hisyam, S.Ag. serta Ketua LP2M Banjarnegara dan Ketua PDM Banjarnegara Drs. H. Shobri sekaligus membuka kegiatan rapat koordinasi (rakor). 

Ketua ITMAM Barlingmascakeb Ustadz Arif Fauzi, Lc., M.Pd. mengatakan dalam rangkaian kegiatan rakor, ada agenda audiensi antara ITMAM, FAI UMP, dan Pontrenmu (Pondok Pesantren Muhammadiyah) se-Barlingmascakeb untuk sinergisitas antara kampus dan pesantren. 

"Kami menyepakati beberapa kerja sama di bidang pengabdian masyarakat, beasiswa pendidikan bagi asatidz dan santri pesantren, kemudian peningkatan layanan, pelatihan, serta pendidikan," katanya. 



Menurut dia, ITMAM telah memfasilitasi sedikitnya 14 Pontrenmu untuk menyelanggarakan kerja sama dengan FAI UMP. "Karena ini sangat penting untuk menambah kepercayaan masyarakat dan kaum muslimin, terlebih persyarikatan Muhammadiyah," katanya. 

Sementara itu, Kaprodi Magister PAI Dr. Darojat, M.Ag. mengharapkan pertemuan tersebut membawa kebaikan dan keberkahan.

"Menuju Pondok Pesantren MBS Wanayasa sungguh sangat menyenangkan. Dilanjutkan dengan penandatanganan MoU Fakultas Agama Islam dengan ITMAM dan 14 pondok pesantren," katanya. 

Dalam kesempatan penandatangan MoU itu, hadir Dekan FAI UMP Dr. Makhful, M.Ag., dan Kaprodi Magister PAI Dr. Darojat, M.Ag., Kaprodi Hukum Ekonomi Syariah Safitri Mukarromah, M.Sy. Selain itu, dilaksanakan pula penandatangan MoU kerja sama antara ITMAM dan FAI UMP. 

Kegiatan Rakor ITMAM yang dihadiri para pimpinan/perwakilan pengurus dari 30-an Pontrenmu dan MBS se-Barlingmascakeb juga diisi dengan pemberian motivasi oleh Ustadz Arif (dari ITMAM) agar pengurus Pontrenmu Barlingmascakeb benar-benar menata manajerial, menata sumber daya manusia (SDM), serta menata program serta upaya meningkatkan mutu layanan dan pendidikan. (*)

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024