Solo (ANTARA) - Pura Mangkunegaran mulai melakukan persiapan pengukuhan GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo sebagai KGPAA Mangkunegara X yang akan diselenggarakan pada Sabtu (12/3).

Wedhana Satrio Pura Mangkunegaran Lilik Priarso di Solo, Rabu mengatakan persiapan yang dilakukan tersebut melibatkan Institusi Mangkunegaran dan para abdi dalem.

Ia mengatakan untuk persiapan sendiri sebetulnya sudah dilakukan sejak lama agar tidak mendadak. Bahkan, dikatakannya, persiapan dilakukan sejak 100 hari mangkatnya Adipati Mangkunegara IX.

"Saat itu, sudah ada persiapan untuk jumenengan penerus takhta," katanya.

Bahkan, dikatakannya, usai pemakaman KGPAA Mangkunegara IX pada 13 Agustus 2021, panitia langsung meminta doa restu dari Gusti Putri Mangkunegara IX untuk mulai melakukan persiapan.

"Kami kemudian nyuwun palilah (meminta restu) Gusti Putri Mangkunegara IX. Kami diizinkan mempersiapkan jumenengan, siapapun yang menjabat," katanya.

Sementara itu, salah satu yang dipersiapkan pada acara jumenengan nantinya yakni sajian tarian Bedoyo Anglir Mendung yang dibawakan selama 50 menit.

Sebelumnya, tepatnya pada Selasa (2/2) Pura Mangkunegaran telah mengumumkan penerus takhta Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara IX.

"Setelah dilakukan pertemuan keluarga, dengan tulus ikhlas, sepakat dengan Prameswari Dalem Gusti Kanjeng Putri Mangkunegara IX menetapkan Gusti Pangeran Hario Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo SH sebagai Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Ario Mangkunegara X," katanya.
 

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024