Boyolali (ANTARA) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah meliburkan pembelajaran tatap muka TK, SD, dan SMP di daerah itu selama 10-15 Januari 2022 sebagai pengganti libur semester I Tahun Pelajaran 2021/2022 akhir tahun lalu. 

"Libur semester I Tahun Pelajaran 2021/2022 yang ditunda," kata Kepala Disdikbud Kabupaten Boyolali Darmanto di Boyolali, Senin.

Ia mengatakan para siswa TK, SD, dan SMP, baik negeri maupun swasta tersebut, mulai melanjutkan PTM semester II pada Senin (17/1).

Disdikbud Boyolali menunda libur sekolah yang semula direncanakan pada 20 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022 menjadi 10-15 Januari 2022 terkait dengan penanganan pandemi COVID-19 dan vaksinasi anak usia 6-11 tahun.

Selama masa liburan tersebut, kata dia, dapat dimanfaatkan untuk mempersiapkan standar operasional prosedur (SOP) kegiatan belajar mengajar di sekolah serta memperbaiki sarana dan prasarana penerapan protokol kesehatan di sekolah-sekolah.

"Jadi diharapkan sesuai keputusan bersama empat menteri yang terbaru, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1, 2, dan 3 dengan melaksanakan PTM terbatas, sedangkan daerah yang masuk PPKM Level 4 melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ)," katanya.

Kabupaten Boyolali hingga saat ini masuk PPKM Level 2 atau setidaknya mungkin justru Level I sehingga PTM terbatas dengan prokes yang ketat, disiplin, dan konsisten bisa dilaksanakan bersama-sama.

Ia meminta dukungan semua instansi terkait agar PTM terbatas di Kabupaten Boyolali untuk Pendidikan Anak Usia Dini, TK, SD, dan SMP mulai Senin (17/1) dapat berjalan dengan baik.

Sebelumnya, Disdikbud Kabupaten Boyolali menyebutkan semua sekolah, dari TK hingga SMP, baik negeri maupun swasta, di daerah itu melaksanakan PTM 100 persen.

Jumlah TK di Boyolali yang melaksanakan PTM 550 unit, SD (582) dan SMP (98).

"Mereka melaksanakan PTM dalam rangka penilaian akhir semester I dan untuk SD dalam rangka pengendalian COVID-19 libur Natal dan Tahun Baru 2022 serta kegiatan vaksin anak usia 6-11 tahun," katanya.

Berdasarkan monitoring Disdikbud Kabupaten Boyolali terhadap PTM TK, SD, SMP, sejak minggu ketiga November hingga minggu pertama Desember 2021, untuk kegiatan penilaian akhir semester berjalan lancar, aman, dan sehat.

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024