Solo (ANTARA) - Pedagang Pasar Legi Kota Solo, Jawa Tengah, menghimpun sembako, buah-buahan, hingga obat-obatan untuk diberikan kepada  penyintas letusan Gunung Semeru, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. 

Letusan Gunung Semeru menggugah empati para pedagang Pasar Legi Solo untuk menghimpun bantuan apa saja yang dibutuhkan untuk dikirimkan ke lokasi terdampak, kata Lurah Pasar Legi Solo Nur Rahman, di Solo, Kamis.

Menurut  Nur Rahman, ide penggalangan bantuan untuk warga penyintas Semeru tersebut dari para pedagang sendiri meski saat ini mereka masih menempati di pasar darurat.

"Penggalangan bantuan sudah berjalan 3 hari ini. Bantuan ini akan dikirimkan ke lokasi bencana erupsi di Lumajang pada Kamis sore ini," katanya.

Dia mengatakan barang yang sudah terkumpul, antara lain sayuran, buah-buahan, bumbu dapur, mi instan, minyak goreng, dan obat-obatan.

Para pedagang antusias memberikan donasi  untuk membantu para korban erupsi Semeru. Mereka prihatin dengan adanya bencana erupsi yang menimpa warga di sekitar lereng Gunung Semeru.

Para pedagang mendoakan para korban diberikan kekuatan serta pulih kembali perekonomiannya.

Rencana barang-barang bantuan dari pedagang Pasar Legi tersebut akan diangkut dengan dua truk menuju ke daerah bencana Semeru.

Pedagang Pasar Legi Solo, Srimurti (45), merasa prihatin terjadinya bencana erupsi di Gunung Semeru Lumajang Jawa Timur. Untuk itu, para pedagang di Pasar Legi mengambil inisiatif menggalang bantuan untuk saudara-saudara yang sedang terkena bencara. ***
 

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024