Pekalongan (ANTARA) - Kepolisian Resor Pekalongan Kota, Jawa Tengah, mengajak masyarakat lebih mengutamakan untuk mematuhi protokol kesehatan pada saat libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 dengan tidak keluar rumah karena kasus penyebaran COVID-19 belum selesai.

"Lebih baik di rumah saja saat libur Natal dan Tahun Baru karena sekarang kita masih dalam suasana pandemi," kata Kepala Polres Pekalongan Kota AKBP Wahyu Rohadi di Pekalongan, Rabu.

Menurut dia kasus penyebaran COVID-19 harus dapat diantisipasi semua pihak dengan tidak menyelenggarakan kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan pada saat menjelang Natal dan Tahun Baru.

Polres, kata dia, telah menyiapkan serangkaian kegiatan termasuk menggencarkan kegiatan rutin yang ditingkatkan untuk mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat, serta sosialisasi pentingnya mematuhi protokol kesehatan.

"Kegiatan seperti patroli dan penjagaan akan terus kami intensifkan. Demikian pula, kami juga mengimbau masyarakat agar tetap di rumah saja menjelang natal dan tahun baru," katanya.

Kapolres mengingatkan masyarakat perlu terus meningkatkan kewaspadaan kemungkinan terjadinya gelombang ke tiga kasus COVID-19, serta kerawanan bencana karena saat ini intensitas curah hujan cukup tinggi.

"Melihat perkembangan situasi saat ini, kondisi cuaca semakin ekstrem seiring dengan meningkatnya intensitas curah hujan dan angin kencang. Oleh karena itu, kami berpesan pada masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan kemungkinan terjadi bencana," katanya.

Ia menambahkan untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas, Polres Pekalongan Kota akan bersinergi dengan Kodim 0710/Pekalongan, dan lintas sektoral agar tercipta situasi yang aman, kondusif, dan sehat bebas dari terpapar COVID-19.

Pewarta : Kutnadi
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024