Magelang (ANTARA) - Pemerintah Kota Magelang, Jawa Tengah, bekerja sama dengan marketplace atau lokapasar Tokopedia untuk mendorong usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) agar naik kelas.

Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz dalam siaran pers di Magelang, Rabu, mengatakan sudah saatnya UMKM Kota Magelang naik kelas, salah satunya dengan memanfaatkan Tokopedia sebagai sarana pemasaran produk.

"Tidak hanya menyasar pasar lokal semata, tapi juga nasional bahkan global," katanya usai penandatanganan nota kesepakatan di Pendopo Pengabdian kompleks rumah dinas Wali Kota Magelang.

Penandatanganan dilakukan oleh Wali Kota Magelang, Muhammad Nur Aziz dan Kepala Divisi Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Daerah Tokopedia, Emmiryzan.

Aziz menuturkan kuliner dan barang-barang dari Kota Magelang bisa dipasarkan ke luar kota lewat Tokopedia ini yang memiliki jangkauan lebih luas dan praktis. Tokopedia merupakan loka pasar yang luar biasa sehingga produk unggulan bisa dikenal luas.

Ia menyampaikan beragam produk bisa dipasarkan di Tokopedia, maka pihaknya juga mendorong Disperindag untuk mampu menggandeng seluruh UMKM di Kota Magelang agar betul-betul memanfaatkan kerja sama ini.

"Yang istimewa, tidak hanya penjualan produk saja, tapi juga pelayanan publik bisa lewat Tokopedia, yakni pembayaran PBB-P2. Harapannya jenis pembayaran lain juga bisa lewat platform ini, seperti pelayanan perizinan dan sebagainya," katanya.


Kepala Divisi Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Daerah Tokopedia Emmiryzan mengutarakan Kota Magelang memiliki potensi yang besar untuk menyasar pasar digital. Pihaknya juga berkomitmen membantu UMKM lokal untuk naik kelas.

"UMKM tidak hanya menjadi raja di kotanya sendiri, tapi juga di luar daerah. Dengan kerja sama ini kami harap UMKM di Kota Magelang bisa memanfaatkannya untuk meningkatkan penjualan dan menjadi raja," katanya.

Menurut dia tidak hanya berkutat pada penjualan, kerja sama ini juga menyangkut program pelatihan bagi UMKM. Pelatihan bisa menjadi sarana meningkatkan penjualan mereka, sekaligus kontrol kualitas produk agar tetap berkualitas.

"Sudah ada sekitar 34 kota/kabupaten di Indonesia yang sudah bekerja sama dengan kami. Termasuk tingkat provinsi, seperti Jawa Tengah dalam hal pembayaran pajak kendaraan bermotor. Untuk pembayaran PBB-P2 sudah dilakukan Kota Semarang dan Surakarta," katanya.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistika Kota Magelang Suryantoro mengatakan bergandengan tangan dengan Tokopedia merupakan kesempatan emas bagi UMKM dalam meningkatkan bisnisnya. Tidak hanya memperluas pasar, tetapi juga meningkatkan kualitas.

"Tidak kalah penting, bisa bayar PBB-P2 lewat Tokopedia. Ini langkah yang luar biasa sehingga diharap dapat mendukung peningkatan realisasi capaian PBB-P2 di tahun-tahun berikutnya, karena masyarakat makin dimudahkan akses pembayarannya," katanya. 
 

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024