Kudus (ANTARA) - Sebanyak 5.000 pelajar tingkat SD, SMP, dan SMA di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, menerima bantuan dana melalui Program Indonesia Pintar (PIP) dengan nilai bantuan masing-masing siswa bervariasi.

"Besarnya bantuan yang diterima untuk pelajar SD  Rp500 ribu, SMP menerima Rp750 ribu, SMA/SMK sederajat menerima Rp1 juta. Uang tunai ditransfer langsung ke rekening pelajar yang telah dikoordinasikan oleh pihak sekolah masing-masing," kata Lia Eldest Sihotang,Tenaga Ahli Anggota Komisi X DPR RI Lestari Moerdijat saat penyerahan bantuan PIP di SMP 1 Kudus, Senin.

Ia mengungkapkan bantuan pemerintah yang merupakan program kemitraan antara Komisi X DPR RI dengan Kemendikbud RI melalui PIP kini terus dilakukan pengawalan dalam proses percepatan pencairan bagi pelajar penerima.

Khusus Kabupaten Kudus, sekolah yang menjadi sasaran penyerahan hari ini (22/11), yakni di SMP 1 Kudus, SMP 2 Kudus, dan SMP 1 Jekulo Kudus.

Ia mengungkapkan pesan Lestari Moerdijat kepada seluruh pelajar di Indonesia penerima PIP agar dapat lebih bijak dalam penggunaan bantuan uang tunai tersebut. Tetap rajin dan semangat belajar dalam menggapai cita-cita.

"Dananya harus digunakan untuk kebutuhan pendidikan, terutama untuk peningkatan mutu pendidikan sehingga bisa menjadi generasi penerus yang bisa membanggakan bangsa dan negera nantinya," ujarnya.

Anggota Komisi X DPR RI Lestari Moerdijat yang membidangi sektor pendidikan untuk Dapil 2 Jateng (Demak, Jepara, Kudus) memastikan anggaran PIP untuk Dapil 2 Jateng pencairannya sudah mencapai 80 persen dari alokasi Rp6,1 miliar.

Lia menjelaskan PIP merupakan bantuan berupa uang tunai, perluasan akses, dan kesempatan belajar dari pemerintah kepada anak dari keluarga kurang mampu yang masih duduk di bangku SD, SMP, SMA/SMK sederajat.

Sementara itu, Kepala SMP 1 Kudus Ahadi Setiawan mengaku senang dengan adanya bantuan melalui PIP untuk 47 siswanya.

Dana bantuan tersebut, kata dia, agar dapat digunakan untuk kepentingan sekolah sehingga lebih bermanfaat. 


Dari Jepara jug dilaporkan bahwa Lestari Moerdijat melalui komunitas relawannya Sahabat Lestari membantu penyaluran beasiswa PIP kepada para siswa di sejumlah sekolah di Kota Ukir ini.

"Penyaluran beasiswa PIP dari Kemendikbudristek ini antara lain bertujuan untuk mendukung kelancaran proses belajar mengajar para peserta didik yang tidak mampu secara ekonomi," kata Naila Fitria, Tenaga Ahli Anggota DPR RI dari Dapil II Jawa Tengah, Lestari Moerdijat saat menyalurkan beasiswa di SD Negeri 3 Teluk Wetan Kecamatan Welahan, Kabupaten Jepara,  Senin (22/11).

Di SD Negeri 3 Teluk Wetan ini, ujar Naila, sebanyak 26 siswa masing-masing mendapat bantuan beasiswa senilai Rp450 ribu.

Pada penyaluran beasiswa itu hadir Padmono      Wisnugroho, SH (Ketua Fraksi NasDem DPRD Kabupaten Jepara), Bambang Iriyanto, S.Pd ( Kepala Sekolah  SDN 3 Teluk Wetan) dan relawan Sahabat Lestari Jepara.

Tidak hanya di tingkat sekolah dasar, penyaluran beasiswa PIP juga dilakukan di SMK Walisongo, Pecangaan, Kabupaten Jepara.

Disaksikan Nur Hidayat (Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Jepara dari Fraksi NasDem), Irbab Aulia Amri, S.Pd ( Kepala Sekolah SMK Walisongo) dan relawan Sahabat Lestari Jepara, penyaluran di SMK Walisongo ditujukan kepada 70 siswa dengan setiap siswa memperoleh Rp1.000.000,00.
 

Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024