Temanggung (ANTARA) - Bupati Temanggung M. Al Khadziq optimistis pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di daerahnya bisa mencapai 50 persen pada akhir pekan ini.

"Kami yakin vaksinasi bisa mencapai 50 persen pada akhir pekan ini, karena berdasarkan laporan Dinas Kesehatan per Rabu (27/10) sudah mencapai 47,1 persen," katanya di Temanggung, Jateng, Kamis.

Ia menyampaikan hal tersebut usai peluncuran Sekolah Kopi Gemawang dan Pasar Kopen di Desa Kalibanger, Kecamatan Gemawang.

Khadziq menyampaikan dengan tercapainya vaksinasi 47,1 persen maka tinggal 4.000-6.000 dosis vaksin yang harus disuntikkan ke masyarakat.

"Saya optimistis pada hari Kamis, Jumat, dan Sabtu ini dapat terpenuhi, karena biasanya memang satu puskesmas dalam satu hari bisa memvaksin sampai 1.000 lebih, sehingga kalau ada 26 puskesmas saya yakin untuk mencapai 50 persen pada pekan ini bisa tercapai," katanya.

Menurut dia kalau minggu ini bisa tercapai 50 persen, maka input evaluasi nanti hari Minggu Temanggung sudah turun dari level 3 menjadi level 2, apalagi capaian vaksinasi lansia hari ini sudah mencapai 40 persen.

"Sehingga tambahan hari Kamis, Jumat dan Sabtu ini pasti akan meningkat lagi," katanya.

Ia menuturkan vaksin yang tersedia di Temanggung setelah digelontor sekitar 118 ribu dosis akhir-akhir ini dan kalau sudah diberikan semua ke masyarakat maka bisa sekitar 57 persen.

"Untuk mencapai 70 persen agar bisa ke level 1 tentu harus mengusahakan lagi penyediaan vaksin juga dalam jumlah yang besar juga," katanya. ***3***

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024