Temanggung (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, menargetkan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 mencapai 50 persen pada akhir Oktober 2021.

"Kami targetkan pada akhir Oktober 2021 pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Temanggung sudah mencapai 50 persen lebih dari sasaran 624.346 jiwa," kata Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung Dwi Sukarmei di Temanggung, Jumat.

Ia menyampaikan dengan pencapaian vaksinasi tersebut, PPKM di Kabupaten Temanggung yang saat ini masih level 3, diharapkan pada November mendatang sudah bisa turun menjadi level 2.

Dalam program percepatan vaksinasi di Kabupaten Temanggung ini mendapat jatah vaksin sekitar 118 ribu dosis dari Kementerian Kesehatan RI.

Dwi mengatakan dari jatah vaksin sebanyak 118 ribu dosis tersebut, sebanyak 68.000 dosis di antaranya sudah sampai di Temanggung dan sudah didistribusikan ke sejumlah Puskesmas dan rumah sakit baik negeri maupun swasta pada Kamis (21/10).

Ia menyampaikan capaian vaksinasi di Kabupaten Temanggung saat ini berkisar 37 persen sehingga masih harus bekerja keras untuk mencapai target 50 persen.

Khusus pencapaian vaksin untuk usia lanjut, katanya telah mencapai angka 44,27 persen sehingga telah melebihi target yang ditetapkan pemerintah pusat minimal 40 persen sebagai syarat untuk level 2.

Dwi menjelaskan dalam percepatan vaksinasi usia lanjut, pihaknya melakukan inovasi, yakni satu keluarga yang akan vaksin harus menggandeng satu lansia.

"Jadi selain jemput bola, kami juga punya program satu keluarga yang akan melakukan vaksin harus menggandeng lansia dan ternyata dengan cara ini cukup efektif," katanya. 

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Wisnu Adhi Nugroho
Copyright © ANTARA 2024