Solo (ANTARA) - Ratusan personel TNI Angkatan Udara (AU) Lanud Adi Soemarmo melaksanakan karya bakti pembersihan sampah di kompleks Pura Mangkunegaran Kota Surakarta, Jawa Tengah, Rabu, dalam rangka memperingati HUT Ke-76 Tentara Nasional Indonesia.

Kegiatan yang dihadiri Komandan Lanud Adi Soemarmo Marsekal Muda TNI Agus Setiawan itu, disambut para pejabat Pura Mangkunegaran Surakarta, di antaranya Pelaksana Tugas Pengageng Kabupaten Mondropuro Supriyanto.

Supriyanto menyambut gembira karya bakti TNI AU di lingkungan Pura Mangkunegaran.

Ia menyebut pembersihan Pura Mangkunegaran rutin dilaksanakan pihak Lanud Adi Soemarmo. Oleh karena pandemi COVID-19, kegiatan ini sempat terhenti beberapa waktu.

Agus Setiawan mengatakan 500 personel diturunkan dalam karya bakti di Pura Mangkunegaran Surakarta.

Ia menjelaskan kegiatan itu wujud bakti dan kepedulian Lanud Adi Soemarmo untuk menjaga, membersihkan, merawat, dan melestarikan cagar budaya di Kota Surakarta.

Selain itu, kata dia mengharapkan, baik warga Solo maupun wisatawan yang berkunjung ke Pura Mangkunegaran Surakarta semakin betah.

Ia juga mengatakan bahwa dengan turun status PPKM di Solo dan sekitarnya, wisatawan akan mengunjungi Pura Mangkunegaran.

Karya bakti oleh personel itu, dengan sasaran membersihkan dan memotong rumput di lingkungan Pura Mangkunegaran sehingga kelihatan asri dan edukasi kepada para siswa TNI AU di Lanud Adi Soemarmo tentang salah satu cagar budaya di Jawa.

Pada kesempatan tersebut, ia diajak berkeliling ke dalam lingkungan Pura Mangkunegaran untuk menyaksikan tempat keluarga kerajaan tinggal dan tempat koleksi benda-benda kerajaan, seperti topeng dan kereta. 

Baca juga: 275 polisi siap amankan pemakaman Raja Mangkunegara IX

Baca juga: Pura Mangkunegaran dan UNS digitalisasi Perpustakaan Reksapoestaka

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor : D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024