Temanggung (ANTARA) - Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, meraih Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Award Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, kata Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung Dwi Sukarmei.

Dwi di Temanggung, Selasa, mangatakan hasil verifikasi STBM Award 2021 Kabupaten Temanggung meraih dua penghargaan, yaitu kabupaten dengan STBM berkelanjutan bersama 38 kabupaten/kota se-Indonesia
dan lima kabupaten/kota terbaik dalam kategori demand dalam upaya STBM berkelanjutan.

Capaian prestasi bidang sanitasi tersebut telah diumumkan oleh Kementerian Kesehatan pada 15 Oktober 2021 dan surat resminya diterima Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung pada Selasa ini.

Baca juga: Penyandang disabilitas netra Temanggung ikuti pelatihan barista

Sebanyak lima kabupaten/kota terbaik kategori demand dalam upaya STBM berkelanjutan, yakni pertama Kabupaten TemanggungFeature tentang harapan pelajar Banyumas terhadap pembelajaran tatap muka setelah mengikuti vaksinasi. Provinsi Jawa Tengah, kemudian Kabupaten Kulon Progo (Daerah Istimewa Yogyakarta),
Kabupaten Trenggalek (Jawa Timur), Kabupaten Pacitan (Jawa Timur) dan Kabupaten Baubau (Sulawesi Tenggara).

STBM Award Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia diumumkan pada tanggal 15 Oktober 2021.

Dwi menuturkan demand dalam upaya STBM berkelanjutan merupakan peningkatan kebutuhan dan permintaan sanitasi yang bertujuan meningkatkan kebutuhan akan sanitasi di masyarakat melalui upaya sistematis untuk mengubah perilaku higienis dan sanitasi.

Kegiatan yang dilakukan berupa pemicuan perubahan perilaku, promosi dan kampanye perubahan perilaku melalui media massa atau media komunikasi lainnya, mengembangkan komitmen masyarakat dalam perubahan perilaku higienis dan sanitasi, akses sanitasi layak serta implementasi STBM berkelanjutan dalam bentuk regulasi

Menurut dia penghargaan ini melalui proses yang cukup panjang dari Januari-Agustus 2021 telah dilakukan verifikasi dari Provinsi Jatengi maupun Kemenkes

Ia menyampaikan STBM Award 2021 ini merupakan hadiah yang sangat berharga bagi Pemkab Temanggung di tengah menghadapi pandemi COVID-19 ini.

"Jadi penghargaan ini sangat membanggakan bagi Kabupaten Temanggung. Rohnya tetap menjaga peran masyarakat, kebersihan, sanitasi, perilaku hidup sehat maupun terkait kegiatan yang bersifat lingkungan. Kami sampaikan terima kasih pada teman-teman perangkat daerah yang telah membantu kami dalam melaksanakan kegiatan STBM Award 2021," katanya. 

Baca juga: Mentan: Temanggung jadi super-prioritas "food estate"
 

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024