Mimika (ANTARA) - Tim bola basket 5x5 putra Jawa Tengah meraup kemenangan perdana pada PON XX Papua setelah menundukkan Kalimantan Selatan dengan skor 107-68 pada laga Pool A di Mimika Sport Complex, Mimika, Jumat.

Pada pertandingan pertama dua hari sebelumnya, Jawa Tengah dikalahkan Jawa Barat. Sementara bagi Kalsel, kekalahan tersebut menjadi yang kedua setelah dikandaskan DKI Jakarta, Rabu (29/9).

Dengan demikian, Jawa Tengah untuk sementara menduduki peringkat kedua klasemen Pool A dengan tiga poin, persis di bawah Jawa Barat yang berpoin empat.

Dalam laga kontra Kalimantan Selatan, Jawa Tengah tampil dominan di setiap kuarter. Anak-anak asuh Xaverius Wiwid melesat dan melewati Kalimantan Selatan pada kuarter pertama dengan keunggulan 27-12.

Pada kuarter kedua, Kalsel mengintip celah untuk mendekatkan jarak skor. Tembakan Muhammad Saputro dan Yanto mempertipis ketinggalan Kalsel 24-37.

Jateng membalas via lemparan Bryan Praditya, tetapi Kalsel terus memberikan perlawanan dengan lemparan sempurna Muhammad Baqir. Kurang dari satu detik masa jeda tiba, Yanto melakukan lemparan tiga angka, tetapi Kalsel tetap di belakang, 31-43.

Usai jeda, nyaris tidak ada perubahan situasi di lapangan. Kalimantan Selatan, yang pada laga sebelumnya dibantai DKI Jakarta 23-97, tidak bisa lepas dari tekanan lawan.

Kuarter ketiga pun kelar dengan perbedaan skor 30 poin yaitu 74-44 untuk keunggulan Jawa Tengah.

Pada kuarter pamungkas, Kalsel sempat memberikan upaya berarti kepada Jawa Tengah melalui lemparan Albert Gunawan, di mana skor menjadi 49-80, tetapi Jawa Tengah tak terbendung.

Pertandingan pun tuntas dengan skor 107-68 untuk kemenangan Jawa Tengah.

Forward Jawa Tengah Habib Tito Aji kembali menunjukkan kelasnya pada laga kontra Kalimantan Selatan dengan membuat double-double 27 poin, 11 rebound dan dua assist.

Saat bersua Jawa Barat dua hari lalu, Habib juga tampil gemilang setelah melesakkan 44 poin, 12 rebound dan tiga assist.

Adapun di kubu Kalimantan Selatan, Yanto membuat catatan tertinggi kontra Jateng yaitu 14 poin, dua rebound dan tiga assist.

Pewarta : Michael Siahaan
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024