Semarang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Klaten meluncurkan Program Desa Tuntas Vaksinasi untuk mempercepat capaian herd immunity atau kekebalan masyarakat. 

Peluncuran program diawali dengan kegiatan vaksinasi massal di Halaman Balai Desa Karangasem, Cawas, Klaten yang diikuti 1.500 warga pada Selasa (14/9/21) dan ditinjau langsung Bupati Klaten Sri Mulyani.

Bupati Sri Mulyani mengatakan program Desa Tuntas Vaksinasi menjadi upaya percepatan membangun kekebalan masyarakat. Hal tersebut dilakukan dari desa ke desa agar warga lebih dekat mengakses vaksinasi.

"Desa Karangasem hari ini dituntaskan untuk pelaksanaan vaksin. Jadi satu desa selesai vaksin. Melalui vaksinasi ini harapannya masyarakat imunnya semakin baik dan tentunya herd immunity-nya terbentuk baik,” jelas Sri Mulyani.

Baca juga: Presiden Jokowi bertemu penduduk Klaten bernama Joko Widodo

Baca juga: Mahasiswa UNS latih pemuda Klaten mengolah sampah 3R

Pemkab Klaten, lanjut Sri Mulyani, akan terus menggandeng banyak pihak selaku pemangku kepentingan untuk menjaga masyarakat tetap sehat, sekaligus mengajak, baik kepada peserta maupun yang sudah menerima vaksin untuk selalu menjaga dan menjalankan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.   
 
"Semoga dengan program Desa Tuntas Vaksin ini, nanti seluruh warga masyarakat dijauhkan dari virus corona. Tak lupa saya berpesan, bapak ibu semuanya yang sudah divaksin, tetap dijaga protokol kesehatannya. Jangan kendor melakukan protokol kesehatan setelah divaksin. Yang paling utama adalah selalau pakai masker, cuci tangan pakai sabun, dan jaga jarak," kata Bupati. 

Baca juga: Terowongan peninggalan masa Belanda ditemukan di Trucuk Klaten

Camat Cawas Moh Prihadi di sela-sela mendampingi warganya yang divaksinasi menyampaikan Program Desa Tuntas Vaksin di wilayahnya melibatkan peserta dari desa sekitar dan peserta vaksinasi harus melalui tahap pengecekan untuk menghindari hal tidak diinginkan.

"Panitia mengundang 1.500 orang warga masyarakat yang sudah terdaftar. Rinciannya sebanyak 900 orang dari warga Desa Karangasem dan sisanya dari desa-desa sekitar yaitu Desa Nanggulan, Burikan, Kedung Ampel, dan Mendungan," katanya.

Untuk kriteria peserta, tambah Moh Prihadi, usia 18 tahun ke atas dengan kondisi sehat dan tidak memiliki penyakit penyerta, serta lolos screening oleh tim medis. 

"Harapannya dengan vaksinasi ini akan meningkatkan imun kekebalan warga di tengah pandemi COVID-19," tutup Prihadi. 


 

Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024