Temanggung, Jateng (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, mengharapkan vaksinasi dosis ketiga bagi tenaga kesehatan (nakes) sekitar 3.900 orang selesai pada akhir Agustus 2021.

"Kami mengharapkan baik nakes di rumah sakit maupun puskesmas serta di Dinas Kesehatan pada akhir Agustus ini sudah mendapat vaksin dosis ketiga," kata Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung Dwi Sukarmei di Temanggung, Kamis.

Namun, katanya, semua itu tergantung pasokan vaksin dari Dinas Kesehatan Provinsi Jateng.

"Dengan catatan vaksin tersedia, kami targetkan Agustus ini selesai karena begitu vaksin datang akan segera kami lakukan penyuntikan vaksin," katanya.

Ia menyampaikan vaksinasi dosis ketiga bagi nakes di Kabupaten Temanggung sudah dimulai pada Sabtu (14/8) sebanyak 500 nakes baik di rumah sakit maupun puskesmas disuntik vaksin jenis Moderna dari Amerika Serikat.

Dwi mengatakan pada tahap pertama minggu ini kalau vaksin tersedia ditargetkan sekitar 1.900 nakes bisa disuntik vaksin dosis ketiga.

"Kemudian sisanya minggu depan, namun semua itu tergantung pasokan vaksin dari provinsi. Mudah-mudahan dengan mendapat vaksin dosis ketiga para nakes memiliki ketahanan fisik sehingga mereka tetap dapat melayani masyarakat maupun merawat pasien Covid-19," katanya.

Menyinggung ketersediaan stok vaksin untuk masyarakat, dia menyebutkan stok vaksin yang ada di Dinkes Temanggung saat ini untuk dosis kedua sekitar 1.000 dosis.

"Berdasarkan informasi dari Dinkes Provinsi Jateng, insyaallah Senin pekan depan kami diminta mengambil vaksin dosis pertama. Kami belum tahu jumlahnya, tetapi biasanya antara 1.000 sampai 2.000 dosis," demikian Dwi Sukarmei.

 

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024