Temanggung (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, menggenjot pelaksanaan vaksinasi COVID-19 untuk kalangan remaja, masyarakat rentan, dan umum serta usia lanjut.

"Mulai hari ini sampai 19 Agustus 2021 akan kami genjot target-target yang masih rendah, di antaranya usia lanjut, masyarakat rentan dan umum serta remaja," kata Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung Dwi Sukarmei di Temanggung, Kamis.

Ia menyampaikan pencapaian vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Temanggung saat ini 15,19 persen, meliputi tenaga kesehatan, pelayan publik, usia lanjut, masyarakat umum dan rentan, serta remaja.

Dwi menyebutkan untuk tenaga kesehatan dari target 3.908 orang sudah hampir tercapai 100 persen, kemudian pelayanan publik dari target 47.527 orang tercapai sekitar 60 persen, usia lanjut dari target 84.783 orang tercapai 30 persen.

Selanjutnya untuk masyarakat rentan dan umum dari target 417.908 orang baru mencapai 1,41 persen dan remaja usia 12-17 tahun dari target 71.205 orang baru tervaksin 0,46 persen.

"Berdasarkan tabel capaian target tersebut memang peringkat untuk remaja masih cukup rendah, maka akan kami genjot capaian target yang masih rendah tersebut," katanya.

Ia menyebutkan pada 5-19 Agustus 2021 dilakukan pelaksanaan vaksinasi massal di Pendopo Pengayoman dan Graha Bhumi Phala, selain juga dilakukan di masing-masing puskesmas.

Menurut dia meskipun dilakukan vaksinasi secara massal di Pendopo Pengayoman dan Graha Bhumi Phala, pelaksanaannya tetap dengan protokol kesehatan ketat sehingga tidak terjadi kerumunan.

"Pelaksanaan vaksinasi tetap dengan penerapan prokes, salah satunya kami akan menempatkan tenaga keamanan yang mengatur warga jangan sampai berkerumun. Kami berharap target vaksinasi minggu depan bisa mencapai 20 persen," katanya.

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024