Purwokerto (ANTARA) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan atau BPJAMSOSTEK Cabang Purwokerto komitmen untuk terus memberikan layanan terbaik kepada masyarakat pekerja di tengah pandemi COVID-19.

"Pada masa pandemi ini, kami dan manajemen terus berbenah memberikan strategi terbaik dalam mewujudkan pelayanan yang terbaik untuk para peserta kami," kata Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Purwokerto Agus Widiyanto di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Selasa.

Ia mengatakan hal itu terkait empat penghargaan yang diraih BPJAMSOSTEK dalam ajang Human Capital on Resilience Excellence Award 2021 yang diserahkan secara virtual oleh Ketua Dewan Juri Achmad Purwono kepada Direktur Umum dan Sumber Daya Manusia BPJAMSOSTEK Abdur Rahman Irsyadi pada hari Rabu (7/7).

Menurut dia, penghargaan tersebut membuktikan bahwa sumber daya manusia yang dikelola BPJAMSOSTEK merupakan unggulan karena dapat beradaptasi pada masa pandemi seperti saat sekarang.

"Oleh karena itu, kami komitmen untuk terus memberikan layanan terbaik kepada peserta BPJAMSOSTEK di masa pandemi," katanya menegaskan.

Dalam ajang Human Capital on Resilience Excellence Award 2021, BPJAMSOSTEK mampu mengungguli 400 perusahaan lain, sehingga dapat meraih empat penghargaan sekaligus.

Penghargaan yang diraih BPJAMSOSTEK terdiri atas The Best Organization Structure 2021, The Best Human Capital Based on Technology 2021, dan The Most Resilience Excellence Company 2021 serta satu penghargaan dalam kategori The Best Leader in HC 2021 yang diberikan kepada Direktur Umum dan SDM BPJAMSOSTEK Abdur Rahman Irsyadi.

Dalam rilis BPJAMSOSTEK, Human Capital on Resilience Excellence Award 2021 merupakan gelaran corporate rating di bidang human capital yang diselenggarakan secara tahunan dan bertujuan untuk memetakan persoalan dan tantangan yang dihadapi oleh beragam institusi di Indonesia, di mana pada tahun ini dikhususkan terhadap upaya institusi dalam melakukan transformasi digital tanpa mengesampingkan keselamatan dan budaya kerja di lingkungan institusinya masing-masing.

"Penghargaan ini tentunya sangat membanggakan bagi saya khususnya dan seluruh insan BPJS Ketenagakerjaan yang sampai saat ini selalu semangat memberikan yang terbaik," kata Direktur Umum dan SDM BPJAMSOSTEK Abdur Rahman Irsyadi.

Pria yang akrab disapa Ari itu mengatakan seluruh pencapaian tersebut tentu tidak lepas dari beragam inisiatif strategis yang telah diciptakan oleh manajemen dalam menghadapi pandemi COVID-19 yang masih mewabah di Indonesia hingga saat ini.

Dalam menghadapi kondisi tersebut, kata dia, BPJAMSOSTEK telah berhasil menumbuhkan resilience culture di setiap lini dengan melakukan berbagai inovasi, serta memperkuat digital services, dan digital marketing di antaranya melalui pelaksanaan Pelayanan Tanpa Kontak Fisik (LAPAK ASIK) yang bertujuan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada peserta meskipun tanpa tatap muka secara langsung.

Strategi lain yang telah dilakukan BPJAMSOSTEK adalah melakukan empowering people dengan melakukan pembelajaran jarak jauh bagi karyawan yang ingin meningkatkan kompetensinya, di mana hal tersebut sangat penting dalam mendukung percepatan digitalisasi layanan yang terus dilakukan oleh BPJAMSOSTEK.

Selain itu, BPJAMSOSTEK juga fokus terhadap kesehatan mental karyawan melalui employee assistance program dalam bentuk pendampingan bagi karyawan yang ingin mengembangkan potensi dalam dirinya di tengah kondisi pandemi.

"Meski kita belum tahu kapan pandemi ini akan berakhir, namun kita harus tetap optimistis dan selalu bersemangat dalam memberikan perlindungan bagi seluruh pekerja Indonesia," kata Ari. ***1***
 

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024