Semarang (ANTARA) - Bekerja sama dengan Pemerintah Kota Semarang dan Dinas Kesehatan Semarang, Grab, dan Good Doctor menghadirkan pusat vaksinasi dengan menggunakan metode Drive-Thru untuk kendaraan roda dua dan walk-in bagi 10.000 pelaku UMKM, pekerja publik sektor transportasi yakni mitra pengemudi, mitra pengantaran Grab, dan lansia di Semarang.

Untuk gelombang pertama vaksinasi, Grab Vaccine Center Semarang yang berlokasi di Kantor Kecamatan Pedurungan, beroperasi sejak 28 Juni hingga 30 Juli 2021.

City Manager Central Java Grab Indonesia Ramdan Fitriyadi menyampaikan sesuai dengan misi Grab ForGood, Grab berkomitmen menjadi mitra terpercaya pemerintah dalam memerangi pandemi, salah satunya dengan mendukung program vaksinasi nasional melalui Grab Vaccine Center demi mempercepat proses vaksinasi agar segera terbentuk herd immunity.

Pusat vaksinasi tersebut juga memfasilitasi para pelaku UMKM mencakup mitra merchant GrabFood dan agen GrabKios di Semarang dengan harapan dapat memberikan perlindungan bagi mereka yang merupakan tulang punggung perekonomian, sehingga bisa bertahan dan berkontribusi untuk mempercepat pemulihan ekonomi daerah.

Pusat vaksin ini menggunakan pendekatan yang mengedepankan teknologi untuk memberikan pengalaman yang lebih nyaman bagi penerima vaksin.

Mulai dari proses praregistrasi, jadwal vaksinasi, praskrining, serta penerapan pendaftaran melalui layanan GrabHealth yang didukung oleh infrastruktur digital Good Doctor, juga bekerja sama dengan Pemerintah Kota Semarang untuk pelaksanaan vaksinasi yang lebih efisien.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyampaikan apresiasinya kepada Grab sebagai perusahaan swasta dalam mempercepat vaksinasi di Jawa Tengah.

''Kami sangat terbantu dengan adanya pusat vaksinasi kolaborasi antara pemerintah daerah dan Grab dalam pemerataan vaksinasi bagi masyarakat Kota Semarang," katanya.

Selain lansia, pusat vaksin juga mengutamakan pekerja sektor transportasi dan para pelaku UMKM yang saat ini masih berjuang bersama untuk menggerakkan roda perekonomian lokal.

"Bagi masyarakat yang sudah divaksin, saya imbau untuk tetap menggunakan masker dan menerapkan protokol kesehatan. Saya juga berharap dukungan dari masyarakat untuk segera melakukan vaksinasi, mari bersama kita lawan COVID-19," katanya.

Para pelaku UMKM yang juga mitra merchant GrabFood dan agen Grab Kios sudah mendapatkan vaksin di Grab Vaccine Center Semarang dan salah satunya Rinaldi Nugroho, pelaku UMKM, dan juga mitramerchant GrabFood pemilik usaha Ayam Kalasan Simpanglima yang telah menerima vaksin pada Rabu, 7 Juli 2021.

"Saya senang akhirnya bisa mendapatkan vaksin dosis pertama di Grab Vaccine Center. Semoga dengan vaksin ini, saya dan para pelaku UMKM lainnya bisa lebih terlindungi dan bertahan di tengah pandemi dalam menjalankan usaha. Terima kasih kepada seluruh pihak penyelenggara yang sudah memfasilitasi kami para pelaku UMKM dalam memperoleh vaksin," katanya.

Ayam Kalasan Simpanglima terdaftar sebagai mitra merchant GrabFood pada tahun 2019 dan sejak bertransformasi dengan memanfaatkan teknologi, kini restoran Ayam Kalasan Simpanglima lebih banyak menerima pesanan secara online dan mengalami peningkatan omzet.

Grab dan Good Doctor telah menjadi mitra swasta pertama pemerintah Indonesia dalam menyukseskan program vaksinasi nasional menggunakan pendekatan teknologi, dengan membantu distribusi vaksin keratusan ribu masyarakat dan mitra pengemudi di Indonesia di lebih dari 53 kabupaten dan kota.

Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024