Karanganyar (ANTARA) - Jumlah pengunjung di objek wisata alam The Lawu Park di Desa Gondosuli Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah pada akhir pekan usai Lebaran 2021 meningkat.

Manager The Lawu Park Tawangmangu Anggun Nila Monica, di Karanganyar, Senin, mengatakan jumlah pengunjung di objek wisata alam The Lawu Park Tawangmangu pada Minggu (30/5), yakni mencapai 1.500 orang atau meningkat 50 persen dibanding Minggu sebelumnya.

Namun, kata Anggun, pihak pengelola objek wisata tetap memberlakukan disiplin protokol ksehatan dengan mengatur atau membatasi jumlah pengunjung yang masuk objek wisata agar tidak terjadi kerumunan.

Baca juga: Jumlah pengunjung membeludak, objek wisata air Mejobo Kudus ditutup
Baca juga: Gubernur Jateng: Objek wisata abaikan keselamatan pengunjung akan ditutup

Bahkan, pengunjung yang akan masuk harus diikur suhunya, memakai masker, dan mencuci tangan. Mereka juga dibatasi rata-rata ada 200 orang dengan waktu satu jam di objek wisata alam itu, kemudian bergantian agar tidak terjadi kerumunan.

"Misalnya, arena yang ramai dikunjungi pengunjung di Wana 1 atau arena salju dibatasi hanya 15 orang dengan waktu 15 menit kemudian bergantian pengunjung lainnya," kata Anggun.

Anggun menjelaskan pengunjung yang datang di The Lawu Park datang dari berbagai daerah pada minggu terakhir ini, ada dari Jawa Timur seperti Madiun dan Ponorogo. Sedangkan, lainnya masyarakat dari Semarang, Solo, dan Jawa Tengah lainnya.

"Kami melihat perkembangan wisata sudah mulai menggeliat. Hal ini, terbukti banyak masyarakat pada masa adaptasi kebiasaan baru untuk pergi-pergi ke tempat-tempat wisata salah satunya The Lawui Park di Tawangmangu Karanganyar ini, katanya.

The Lawu Park selain taman salju yang menjadi andalan juga menyuguhkan wahana lain seperti taman kelinci, taman domba, tempat bermain, tembatan jalatunda, hutan anggrek, swafoto deck, spot swafoto tematik, lokasi kamping, resto dan cafe. Lawu Park juga menawarkan wahana out bond flying fox, jaring laba-laba, trail advanterue dan Jeep advanture dengan menikmati pemandangan pegunungan dengan udara yang sejuk.

Pengunjung yang akan menikmati keindahan pemandangan alam pegunungan dengan sejuknya udara dapat datang ke The Lawu Park cukup mengeluarkan biaya retribusi Rp20.000 per orang.

"Kami saat ini, menambah wahana baru yakni arena mobil-mobilan yang memanjakan putra putrinya bermain ketangkasan dalam mengemudikan mobil mainan," katanya.

 

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024