Purwokerto (ANTARA) - Dosen Teknik Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Jenderal Soedirman Ardiansyah mengatakan teknologi pertanian sangat penting untuk dikembangkan karena dapat mendorong peningkatan produktivitas tanaman.

"Teknologi pertanian dorong peningkatan produktivitas dan pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan petani," katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Sabtu.

Ia mengatakan bahwa pada saat ini teknologi pertanian terus berkembang mengikuti perkembangan zaman.

"Contohnya, produksi pertanian dalam ruangan dimungkinkan dengan menggunakan teknologi. Misalkan pencahayaan buatan, kontrol sistem irigasi dan monitoring jarak jauh dengan IoT," katanya.

Seiring dengan makin berkurangnya lahan pertanian dan berbagai permasalahan yang menyertainya maka pertanian perkotaan menjadi hal yang menarik untuk ditekuni.

"Pertanian perkotaan atau 'urban agriculture' mengupayakan pertanian dengan sumber daya yang efisien dan lahan yang tidak besar," katanya.

Pertanian perkotaan,bisa dikembangkan untuk skala produksi maupun hobby.

"Karenanya input teknologi menjadi penting dalam pertanian perkotaan, misalkan teknologi 'plant factory' yang merupakan salah satu contoh teknologi pertanian perkotaan," katanya.

Pertanian dilakukan dalam ruangan tertutup, dengan pencahayaan buatan. Jika diperlukan, kelembaban dan temperatur bisa diatur," katanya.

Sebelumnya, teknologi pertanian yang potensial untuk terus dikembangkan adalah mulai dari teknologi pengolahan lahan, teknologi irigasi hingga teknologi pascapanen.

Selain itu, ada juga teknologi informasi yang meliputi prediksi harga, 'market place' dan lain sebagainya.

"Untuk pengolahan lahan, misalnya, teknologi yang diterapkan dapat berupa penggunaan traktor dan alat mekanis lainnya," katanya.

Kendati demikian untuk menerapkan teknologi pertanian perlu adanya pelatihan bagi petani.

"Untuk itu harus ada sosialisasi dan pelatihan. Bahkan perlu paket stimulus, misalkan pinjaman atau sewa alat-alat teknologi," katanya.
Menurutnya pemerintah daerah bisa memfasilitasi hal tersebut melalui berbagai program pelatihan dan pendampingan di bidang pertanian.
 

Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024