Banjarnegara (ANTARA) - Bupati Banjarnegara, Jawa Tengah Budhi Sarwono mengajak warga setempat berperan aktif dalam menggali lebih banyak potensi wisata unggulan guna meningkatkan perekonomian lokal.

"Warga agar berperan aktif dalam menggali potensi pariwisata yang ada di wilayahnya masing-masing," katanya di Banjarnegara, Sabtu.

Dia mengatakan upaya untuk menggali lebih banyak potensi objek dan daya tarik wisata penting untuk meningkatkan angka kunjungan wisata.

Baca juga: Bupati Purbalingga klaim miliki banyak potensi wisata alam

"Terutama pada era pandemi di mana sektor pariwisata telah ikut terdampak, maka perlu menggali lebih banyak potensi yang ada dan terus berkreasi serta berinovasi, tentunya dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan guna mencegah COVID-19," katanya.

Pihaknya juga terus berupaya meningkatkan promosi dan sosialisasi guna mendukung pengembangan sektor pariwisata.

"Banjarnegara memiliki banyak potensi wisata, misalkan Kawah Sikidang di Kompleks Dataran Tinggi Dieng, ke depan semoga dapat makin dikenal dan mendunia," katanya.

Pihaknya terus melakukan pemetaan terhadap potensi desa wisata di wilayah itu.

"Kami terus melakukan pemetaan terhadap potensi-potensi desa wisata yang ada di wilayah ini," katanya.

Ia mengatakan Banjarnegara memiliki banyak desa dengan pemandangan alam dan tradisi budaya yang dapat dikembangkan menjadi desa wisata.

"Contohnya di Desa Pekandang, Kecamatan Banjarmangu, ada hutan pinus Buaran yang menyuguhkan suasana alam yang sejuk," katanya.

Terkait dengan hal itu, Pemerintah Kabupaten Banjarnegara melalui dinas terkait terus mendorong pengembangan desa wisata.

"Kami juga mendorong para pelaku desa wisata untuk melakukan berbagai inovasi dalam rangka mendukung pengembangan desa wisata," katanya.


Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024