Semarang (ANTARA) - K.H. Ahmad Darodji kembali terpilih menjadi Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Tengah untuk periode 2021-2026 melalui Musyawarah Daerah (Musda) X di Semarang.

"Musda yang dibuka Gubernur Jateng Ganjar Pranowo ini merupakan musda tercepat. Sidang pengesahan tata tertib, sidang-sidang pleno berjalan begitu cepat hitungan menit tidak sampai berjam-jam," kata Ketua Panitia Ahmad Rofiq di Semarang, Kamis.

Ia mengatakan mengingat musda dilakukan di tengah pandemi COVID-19, seluruh peserta diwajibkan sudah memperoleh vaksin kedua dan menjalani rapid antigen.

"Para Ketua MUI Kabupaten/Kota se-Jateng hadir di arena musda, sedangkan para sekretaris dan komisi fatwa mengikuti musda secara virtual," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum MUI Pusat Miftachul Akhyar mengatakan ulama menempati kedudukan yang tinggi di masyarakat.

"Ulama itu pemikir juga ilmuwan, sudah lengkap. Jadi sesungguhnya tidak perlu arahan dan petunjuk-petunjuk karena relnya sudah sangat jelas, tinggal mengulik saja sedikit sudah," katanya.

Senada, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo secara khusus mengapresiasi para ulama di Jawa Tengah karena selalu menjadi mitra pemerintah, yaitu menjadi bagian solusi dari seluruh masalah yang dihadapi umat.

"Ulama menjadi tempat bertanya 'piye apike', bagaimana baiknya," katanya.

Sementara itu, sebagai wakil dari Ahmad Darodji, yaitu Ahmad Rofiq yang menempati posisi Wakil Ketua Umum MUI Jawa Tengah dan Sekretaris Umum ditempati oleh Muhyiddin. Sedangkan untuk Ketua Dewan Pertimbangan yakni Ali Mufiz.

Baca juga: Kejutan istimewa bagi Kiai Darodji pada usia ke-80

 

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024