Purwokerto (ANTARA) - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Cilacap siap bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, dalam pengembangan pariwisata di wilayah itu khususnya perairan Sungai Serayu.

Kesiapan itu disampaikan Komandan Lanal Cilacap Kolonel Laut (PM) Sugeng Subagyo saat bersilaturahmi dengan Bupati Banyumas Achmad Husein di Ruang Tamu Kantor Bupati, kompleks Pendopo Sipanji, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Selasa.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Banyumas Achmad Husein menyambut baik ide yang disampaikan Danlanal Cilacap dalam rangka ikut membantu meningkatkan kegiatan pariwisata di Kabupaten Banyumas, khususnya olahraga air.

Baca juga: Tingkatkan perekonomian masyarakat, Kemenparekraf prioritaskan pengembangan desa wisata

Bahkan, dia langsung menelepon Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Asis Kusumandani serta Kepala Dinas Perhubungan Agus Nur Hadie untuk berkoordinasi dan berkolaborasi dengan Lanal Cilacap terkait dengan kegiatan pariwisata di Sungai Serayu, Kabupaten Banyumas.

"Ini sekaligus untuk sosialisasi dermaga yang ada di Sungai Serayu," katanya.

Saat ditemui usai silaturahmi, Kolonel Laut (PM) Sugeng Subagyo mengatakan pihaknya bersilaturahmi dan memperkenalkan diri sebagai Danlanal Cilacap yang baru kepada Bupati Banyumas karena Kabupaten Banyumas termasuk wilayah kerja Lanal Cilacap.

Dengan demikian, kata dia, Lanal Cilacap ikut terlibat dalam berbagai kegiatan di Banyumas seperti Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) maupun bakti sosial lainnya.

"Tadi Pak Bupati menyampaikan untuk membantu melaksanakan kegiatan pariwisata khususnya di pesisir selatan atau perairan Serayu, kami (dari) Lanal Cilacap siap membantu dan mendukung dalam menumbuhkan pariwisata di Banyumas terutama olahraga perairan," katanya.

Menurut dia, Bupati Banyumas juga sangat mendukung dan peduli sehingga dalam waktu dekat akan diadakan lomba perahu dayung atau perahu mesin tempel hias.

Selain hiasan pada perahu, kata dia, penilaian juga dilakukan terhadap perlengkapan keselamatan beserta pengoperasiannya

"Beliau sangat mendukung agar dalam waktu dekat, lomba segera dilaksanakan. Kami segera melakukan survei dan meninjau lokasi untuk tempat kegiatan lomba," katanya.

Baca juga: Dilarang mudik, Sandiaga: Destinasi wisata bakal penuh
Baca juga: Menparekraf ingatkan protokol kesehatan di objek wisata

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024