Cilacap (ANTARA) - Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap kembali berkontribusi pada pemberdayaan masyarakat dengan misi pemulihan ekonomi warga terdampak bencana, yakni dengan memberikan pelatihan budi daya lebah madu Klanceng.

Pelatihan tersebut diberikan kepada 24 kepala keluarga yang menempati hunian tetap di Dusun Jatiluhur, Desa Padang Jaya, Kecamatan Majenang, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Minggu (4/4/2021).

Warga yang bermukim di hunian tetap tersebut merupakan korban bencana tanah bergerak yang terjadi pada tahun 2017. Dalam hal ini, Pemerintah Kabupaten Cilacap melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat merelokasi warga ke tempat yang lebih aman, sekitar 300 meter dari titik bencana. 

Mereka lebih kurang baru satu bulan menempati hunian tetap tersebut setelah beberapa tahun tinggal di hunian sementara. Hal itulah yang mendasari Pertamina RU IV Cilacap berinisiatif memulihkan perekonomian warga melalui beragam kegiatan. 

"Kami mengawali dengan pelatihan budi daya lebah madu Klanceng bekerja sama dengan BPBD, pemerintah desa setempat, dan Perkumpulan Perlebahan Jawa Tengah sebagai pemateri," kata Area Manager Communication, Relations, and CSR Pertamina RU IV Cilacap Hatim Ilwan.

Baca juga: Pertamina Cilacap gelar doa bersama dan santunan anak yatim

Menurut dia, budi daya lebah madu Klanceng dipilih mengingat lebah tersebut merupakan jenis yang sangat adaptif. 

"Kami menilai lebah Klanceng ini cocok di lingkungan hunian tetap, sebagai simbol kelestarian lingkungan dan bisa berkembang baik di sini. Kami akan mengawal dan mendampingi program ini, semoga menjadi mata pencaharian baru warga hunian tetap untuk pemulihan ekonomi pascabencana," katanya.

Kepala Desa Padang Jaya Tursino menyambut antusias perhatian serius Pertamina untuk ikut memulihkan perekonomian warga terdampak bencana. 

"Kami sangat berterima kasih, apa yang diupayakan terus menuai hasil maksimal. Kini warga tinggal di lokasi yang lebih aman, ditambah kepedulian Pertamina untuk membangkitkan ekonomi warga. Semoga benar-benar bisa dimanfaatkan dengan baik oleh warga," katanya. 

Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Kabupaten Cilacap Hermawan mengatakan Pertamina selalu bersama Pemkab Cilacap dalam upaya penanggulangan kebencanaan.

"Ini adalah upaya dan kontribusi ke sekian kalinya dari Pertamina bersama pemerintah kabupaten. Kami sangat terbuka dengan upaya Pertamina mengembangkan area hunian tetap ini sekaligus menjadi percontohan Kampung Mitigasi Bencana," katanya.

Dalam kesempatan itu, CSR and SMEPP Officer Pertamina RU IV Cilacap Dian Kuswardani menyerahkan bantuan pelatihan dan budi daya lebah madu Klanceng dan tanaman khusus penarik lebah madu Klanceng kepada Kepala Dusun Jatiluhur Tarsono.

Baca juga: Pertamina Cilacap raih penghargaan Public Relation Indonesia Award 2021
Baca juga: Dukung suplai BBM, Pertamina RU IV Cilacap tingkatkan kapasitas produksi

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024