Temanggung (ANTARA) - Petani di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, berharap bawang putih yang saat ini memasuki masa panen harga di tingkat petani naik atau bisa lebih baik dibanding tahun lalu.

Petani warga Kledung Bonar di Temanggung, Senin, mengatakan harga bawang putih tahun lalu tidak sesuai dengan harapan petani, padahal biaya tanam harga bawang putih sangat mahal.

"Tahun lalu harga jual bawang putih di tingkat petani berkisar Rp10.000 hingga Rp12.000 per kilogram, kami berharap harga bawang putih tahun ini lebih baik dan menguntungkan petani," katanya.

Namun, katanya di awal panen kali ini belum menunjukan adanya perubahan harga jual bawang putih dan belum ada satu pun pedagang yang berani membeli bawang putih dari petani.

"Memang belum banyak petani yang panen, tetapi jika harga bawang putih bagus biasanya sudah ada pedagang yang membeli, seperti bawang merah kalau sudah panen banyak pedagang membeli," katanya.

Ia menuturkan jika kondisi ini tidak menunjukan adanya perubahan, ke depan petani mungkin tidak mau lagi menanam bawang putih, karena harga jual bawang putih tidak sebanding dengan biaya tanam yang dikeluarkan petani.

"Kemarin saya dapat informasi bahwa harga jual bawang putih basah hanya berkisar antara Rp5.000 hingga Rp8.000 per kilogram, kalau benar harga ini maka masih jauh dari harapan petani," katanya.

Petani yang lain Lasidi menuturkan harga bawang putih saat ini kembali ke harga puluhan tahun silam, di mana saat itu harga bawang putih anjlok sehingga petani bawang putih menjadi enggan menanam bawang putih.

"Petani kembali menanam bawang putih setelah ada program dari pemerintah, kurang lebih lima tahun yang lalu," katanya.

Namun, katanya harga jual bawang putih saat ini kembali murah, bahkan bisa dibilang tidak laku dijual.

"Tiga kali panen bawang putih harganya sudah hancur, banyak petani yang merugi karena harga jual bawang putih tidak sesuai dengan biaya tanam," katanya.

Ia berharap pemerintah bisa memberikan solusi terbaik sehingga petani tidak terus menerus mengalami kerugian.

"Disuruh tanam bawang putih petani sudah jalankan, sekarang harapan kami pemerintah juga bisa membantu petani sehingga harga jual bawang putih semakin membaik," katanya. 

Baca juga: Petani Temanggung didorong tingkatkan produksi bawang putih

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024