Banjarnegara (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah akan segera membangun pasar darurat bagi para pedagang Pasar Kota Banjarnegara yang kiosnya terdampak kebakaran yang terjadi pada Kamis (11/3).

Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono di Banjarnegara, Senin mengatakan pihaknya terus berupaya melakukan penanganan masalah dan mencari solusi bagi para pedagang agar bisa segera beraktivitas seperti sedia kala.

"Kami sudah melakukan rapat koordinasi, dan untuk pedagang yang kiosnya terbakar akan segera dibuatkan pasar darurat," katanya.

Bupati mengatakan pihaknya terus mengkaji lokasi yang akan dijadikan tempat pembangunan pasar darurat. serta sudah menginventarisir beberapa tempat yang dinilai cukup memadai untuk pembangunan pasar darurat itu salah satunya adalah tanah kosong milik Pemkab Banjarnegara di sebelah Timur pasar seluas 5.000 meter persegi yang siap untuk dimanfaatkan.

Dia  menambahkan bahwa sejauh ini para pedagang menyambut baik rencana pembangunan pasar darurat tersebut.

Sementara itu seperti diwartakan sebelumnya pihak Kepolisian Resor Banjarnegara, Jawa Tengah masih melakukan penyelidikan penyebab kebakaran yang terjadi di Pasar Kota Banjarnegara pada Kamis (11/3).

Kapolres Banjarnegara AKBP Fahmi Arifrianto melalui Kabag Ops Kompol Sardoyo mengatakan pihaknya masih terus melakukan penyelidikan di TKP sehingga nantinya akan diketahui penyebab kebakaran.

Dia menjelaskan bahwa peristiwa itu pertama kali diketahui pukul 18.15 WIB pada saat dua petugas dari PTT Disperkindakop UMKM Banjarnegara yakni Harsono (48) dan Sujito (59) mendapatkan kabar dari warga mengenai kebakaran.

"Pada saat petugas jaga yang berada tidak jauh dari TKP diberitahu warga bahwa lantai dua pasar terbakar dan diduga berasal dari kios jajanan anak," katanya.

Mengetahui hal tersebut, kata dia, para saksi kemudian berusaha memadamkan api yang sudah mulai membesar dengan alat seadanya.

Sekitar pukul 18.45 WIB Damkar Kabupaten Banjarnegara sampai di lokasi kebakaran dan berusaha memadamkan dengan dibantu 16 unit mobil damkar dari Kabupaten Purworejo, Kebumen, Wonosobo, Purbalingga dan Banyumas.
 


Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Heru Suyitno
Copyright © ANTARA 2024