Solo (ANTARA) -
Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Surakarta berupaya membantu perusahaan peserta menjaga keselamatan karyawan dari paparan COVID-19 dengan membagikan alat pelindung diri (APD).

"Kami membantu perusahaan dalam menjaga keselamatan dan kesehatan pekerja di masa pandemi COVID-19 dengan menyebarkan sebanyak 250 paket 'Corona Safety Kit'," kata Kepala Kantor BPJAMSOSTEK Surakarta, Hasan Fahmi di Surakarta, Jumat.

Ia mengatakan langkah tersebut dilakukan sekaligus untuk memperingati Hari Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) yang berlangsung dari tanggal 12 Januari-12 Februari 2021.

"Upaya ini juga sebagai langkah mendukung pemerintah mencegah penyebaran COVID-19," katanya.

Ia mengatakan "Corona Safety Kit" yang dibagikan terdiri dari hand sanitizer sebanyak 60 ml, masker pelindung wajah, dan kantong yang diberikan kepada perusahaan dan peserta BPJS Ketenagakerjaan.

"Selain itu, kami juga membagikan sebanyak sepuluh spanduk kepada perusahaan atau badan usaha sebagai bentuk dukungan dan kepedulian terhadap kesehatan dan keselamatan kerja di lingkungan kantor," katanya.

Sementara itu, dikatakannya, pelaksanaan K3 bukan hanya tanggung jawab pemerintah tetapi juga merupakan bagian dari tanggung jawab BPJAMSOSTEK untuk ikut memberikan dukungan dan kepedulian terhadap pentingnya kesehatan dan keselamatan kerja dalam bentuk Aksi Sosial K3.

"Sekaligus berupaya untuk menyadarkan kepada pekerja untuk tetap mengutamakan keselamatan dan kesehatan kerja khususnya dalam masa pandemi COVID-19," katanya.

Di sisi lain, pihaknya juga ingin memastikan perusahaan telah menerapkan kesehatan dan kerja para karyawan.
 

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024