Wonosobo (ANTARA) - Kegiatan bakti sosial donor darah mewarnai Hari Juang Kartika TNI Angkatan Darat padan 2020 di Kodim 0707/Wonosobo, Jawa Tengah.

Dandim 0707/Wonosobo Letkol Czi Wiwid Wahyu Hidayat, di Wonosobo, Senin, mengatakan baksos donor darah ini merupakan salah satu wujud kepedulian TNI terhadap masyarakat untuk memberikan sumbangsih kepada sesama yang membutuhkan pertolongan.

Bakti sosial donor darah yang mengusung tema "Bersama kita bisa" berlangsung di Aula Makodim Wonosobo diikuti oleh 45 orang.

Baca juga: Hendi donorkan plasma darah untuk obati pengidap COVID

Melalui aksi sosial ini diharapkan dapat meningkatkan rasa persaudaraan antarsesama dan dengan menyumbangkan setetes darah dapat menolong orang yang membutuhkan.

Ia menyampaikan dulu para pahlawan berjuang mengorbankan sampai dengan darah penghabisan, saat ini semua juga bisa berkorban melalui darah hanya saja caranya berbeda.

"Saat ini kita berkoban dengan donor darah," katanya.

Ketua PMI Wonosobo M. Muhson melaporkan saat ini stok darah di PMI hanya tinggal lima kantong darah golongan AB. Melalui kegiatan donor darah ini sangat membantu.

"Di masa pandemi COVID-19 ini masyarakat yang melakukan donor jarang sekali, sementara kebutuhan darah cukup banyak," katanya.

Ia menyampaikan apa yang dilakukan oleh Kodim Wonosobo ini membantu dalam mencukupi kebutuhan darah dan juga merupakan ajakan bagi instansi lain untuk melaksanakan donor darah massal.

Menurut dia, kodim merupakan bank darah bagi PMI, karena jika ada orang yang membutuhkan, rujukan pertama pasien disuruh ke kodim, hampir tiap minggu ada anggota yang mendonorkan darahnya.

Di samping donor secara mandiri, katanya, setiap kegiatan kodim masih menyelenggarakan donor darah massal.

"Walaupun sudah seperti itu, karena kebutuhan darah cukup banyak sehingga belum mencukupi kebutuhan kami, setidaknya itu sudah bisa meringankan dan membantu sesama bagi yang membutuhkan," katanya.

Kegiatan donor darah juga dilakukan puluhan personel Kodim 0705/Magelang dalam memperingati Hari Juang Kartika TNI Angkatan Darat tahun 2020.

Peserta donor darah Kodim 0705/ Magelang yang mendaftar 92 orang namun yang memenuhi syarat donor darah 57 orang, terdiri atas golongan darah A sebanyak 9 orang, AB (6), B (19), dan O (23).

Baca juga: Warga Banjarnegara diminta tingkatkan kepedulian lewat donor darah
 

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024