Magelang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Magelang, Jawa Tengah, akan menyiarkan langsung melalui internet (live streaming) saat pendaftaran pasangan calon wali kota dan wakil wali kota setempat.

"Live streaming melalui channel Youtube dan Facebook KPU Kota Magelang ini untuk menghindari kerumunan dan warga di rumah bisa melihat secara langsung," kata Ketua KPU Kota Magelang Basmar Perianto di Magelang, Kamis.

Selain itu, kata Basmar Perianto, di halaman KPU dipasang layar untuk warga yang mau menyaksikan.

Pendaftaran pasangan calon dibuka pada tanggal 4—6 September 2020 dan segala sesuatunya telah disiapkan dengan menerapkan prokotol kesehatan COVID-19. Sebelumnya, pada hari Senin (31/8) dilakukan simulasi pendaftaran.

Pada saat pendaftaran yang boleh masuk ke ruangan, lanjut dia, meliputi anggota KPU, tim verifikatur, dua pasangan calon wajib hadir yang didampingi masing-masing ketua dan sekretaris partai politik pengusul calon, dan satu anggota Bawaslu Kota Magelang.

Dalam penerapan protokol kesehatan, setibanya di kantor KPU mereka cuci tangan, kemudian pengukuran suhu tubuh, dan wajib memakai masker.

"Tempat untuk pendaftaran sebelumnya sudah distrerilkan. Mereka membawa alat tulis sendiri, kami sediakan sarung tangan," katanya.

Untuk pemeriksaan kesehatan pasangan calon, menurut dia, akan dilakukan pada hari Senin (7/9). Pemeriksaan kesehatan ini dikoordinasi oleh KPU Provinsi Jawa Tengah yang bekerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Badan Narkotika Nasional (BNN), dan Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi) Jawa Tengah.

Ada tiga rumah sakit yang ditunjuk untuk pemeriksaan, yakni RSUD Moewardi Surakarta, RSUP Soeradji Tirtonegoro Klaten, dan RSUP Kariadi Semarang. Untuk Kota Magelang, pemeriksaan di RSUD Moewardi Solo.

Basmar mengatakan bahwa pasangan calon melampirkan hasil tes usap.

Jika hasilnya tes negatif, tahapan dilanjutkan. Namun, jika hasil tes usap positif pendaftaran dilakukan secara daring. ***2***

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Immanuel Citra Senjaya
Copyright © ANTARA 2024