Purbalingga (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, menginformasikan jumlah anggaran yang telah dicairkan untuk persiapan Pilkada 2020 di wilayah setempat mencapai Rp5,63 miliar yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Anggota KPU Purbalingga Divisi Partisipasi Masyarakat, SDM, dan Kampanye Andri Supriyanto, di Purbalingga, Rabu, mengatakan anggaran yang telah dicairkan tersebut dipergunakan untuk berbagai hal yakni operasional petugas pemutakhiran data pemilih, pembelian alat pelindung diri dan alat tes cepat COVID-19.

Dia mengatakan bahwa anggaran awal Pilkada 2020 Kabupaten Purbalingga yang dibiayai melalui APBD dan telah masuk naskah perjanjian hibah daerah (NPHD) sebesar Rp30,3 miliar.

"Namun demikian karena ada penambahan biaya untuk protokol kesehatan, alat pelindung diri dan lain sebagainya, ditambah lagi terdapat penambahan jumlah TPS, maka anggaran tersebut masih belum mencukupi dan memerlukan tambahan anggaran Rp22,1 miliar," katanya.

Dia mengatakan terkait kekurangan anggaran tersebut pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Purbalingga.

"Pemkab menyanggupi untuk membantu Rp1 miliar dan sisanya akan diajukan ke pemerintah pusat," katanya.

Menurut dia, penambahan jumlah tempat pemungutan suara terjadi karena jumlah pemilih per-TPS dibatasi maksimal 500 orang.

"Sebelum pandemi COVID-19 pemilih per TPS maksimal 800 orang namun sejak adanya COVID-19 menjadi maksimal 500 orang sehingga terjadi penambahan jumlah TPS," katanya.

Dia mengatakan bahwa pihaknya terus menggencarkan sosialisasi dengan berbagai upaya salah satunya melalui media sosial dan mobil keliling.

"Tujuannya agar sosialisasi terus dapat berjalan dan tingkat partisipasi pemilih nantinya akan sesuai dengan target yang diharapkan," katanya.

Menurut dia, tingkat partisipasi pemilih merupakan salah satu indikator suksesnya pelaksanaan pemilihan kepala daerah.

Dia mengemukakan pihaknya menargetkan tingkat partisipasi pilkada tahun ini sebesar 77,5 persen lebih.

Untuk mencapai target tersebut, pihaknya terus mengajak masyarakat untuk ikut berperan aktif menyukseskan pelaksanaan pilkada di wilayah itu.

"KPU Purbalingga mengajak masyarakat di kabupaten ini untuk menyukseskan Pilkada Purbalingga dan menggunakan hak suara saat hari pemilihan nanti," katanya.

Baca juga: KPU Surakarta rekrut 1.231 PPDP Pilkada 2020
Baca juga: KPU Surakarta sudah cairkan anggaran pilkada Rp8,16 miliar


Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024