Banjarnegara (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan tingkat curah hujan di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah masih tetap tinggi hingga awal Maret 2020.

"Tingkat curah hujan di Banjarnegara masih tinggi hingga awal Maret mendatang, termasuk juga di kabupaten sekitar, seperti Kebumen dan Banyumas," kata Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara (BMKG Banjarnegara) Setyoajie Prayoedhie di Banjarnegara, Jumat.

Dia mengatakan tingkat curah hujan di wilayah tersebut sekitar 401 hingga 500 milimeter per dasarian.

Dia juga menambahkan pada Sabtu (22/2) Kabupaten Banjarnegara kembali berpeluang hujan lebat.

"Peluang curah hujan berada di seluruh kecamatan yang ada di wilayah ini mulai dari Banjarmangu, Bawang, hingga Kecamatan Wanayasa," katanya.

Dia mengatakan peluang hujan di wilayah setempat diprakirakan makin meningkat pada siang hingga malam hari.

"Pada pagi hari biasanya cuaca cerah berawan namun siang hari mulai turun hujan," katanya.

Dia mengatakan bahwa BMKG mengingatkan masyarakat untuk terus meningkatkan kehati-hatian menghadapi hujan deras.

"Waspadai intensitas hujan yang tinggi, waspadai kemungkinan bencana longsor dan angin kencang serta waspadai kemungkinan jalan yang licin yang bisa dipicu oleh hujan lebat dengan durasi yang lama," katanya.

Pihaknya hingga hari ini masih terus mengintensifkan sosialisasi mengenai prakiraan cuaca kepada para pemangku kepentingan dan masyarakat di wilayah setempat.

Tujuan kegiatan itu, kata dia, mendukung kesiapsiagaan dan pengurangan risiko atau mitigasi bencana di berbagai wilayah sekitar.

"Kesiapsiagaan masyarakat dan seluruh instansi terkait diperlukan guna mendukung upaya pengurangan risiko bencana terutama selama puncak musim hujan ini," katanya.
 


Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024