Kab Pekalongan (ANTARA) - Istri Bupati Pekalongan Munafah Asip Kholbihi menerima penghargaan sebagai Perempuan Inspirasi Indonesia Kategori Penggiat Sosial dari Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI).

Penghargaan diserahkan Gati Wibawaningsih selaku Dirjen IKM Kementrian Perindustrian didampingi Ketua IPEMI Inggrid Kansil di Ballroom Garuda Kementrian Perindustrian, Jakarta pada Senin, 2 Desember 2019.
 
Anugerah penghargaan perempuan inspirasi Indonesia tersebut merupakan rangkaian dari launching Buku Perempuan Inspirasi Indonesia 2019 yang mengambil tema Nuansa Tanpa Batas dan dibuka oleh Wakil Ketua MPR RI Syarifudin Hasan.
 
Hadir dalam acara tersebut Ketua Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia serta Sekjen Kementrian Koperasi Ruli Indrawan dan keduanya memberikan sambutan dalam acara tersebut.
 
Usai menerima penghargaan, Munafah menyampaikan terima kasih kepada IPEMI yang telah memberikan apresiasi kepadanya sebagai salah satu dari 86 Perempuan Inspirasi Indonesia 2019 dari kategori Penggiat Sosial.
 
Baca juga: Pemkab Pekalongan akui lansia miliki peran besar dalam pembangunan

Munafah menyampaikan apresiasi tersebut diberikan dalam rangka peringatan Hari Ibu kepada para perempuan dari seluruh wilayah Indonesia yang telah mencurahkan ide dan fikiran juga kerja nyata mewakili berbagai bidang. 

"Ada yang dari politisi, akademisi, praktisi, pejabat politik, pengusaha, dan lain sebagainya," kata Munafah, selaku Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pekalongan. 
 
Munafah telah melakukan beberapa program yang melibatkan jejaring nasional dan dianggap sebagai inovasi gerakan sosial di antaranya dalam penurunan stunting, peningkatan kesehatan ibu dan anak, kebersihan lingkungan, peningkatan gemar makan ikan, pengembangan UMKM, pendidikan reproduksi remaja, dan penundaan usia perkawinan
 
Program inovasi yang dilakukan Munafah selaku Ketua TP PKK Kabupaten Pekalongan dalam empat tahun antara lain Gerakan Masyarakat Stop Kematian Ibu dan Anak (GEMA SETIA), Gerakan Gotong Royong Hidup Bersih dan Sehat (GENTONG HEBAT), Gerakan Menanam, Makan Sayur, Makan Ikan, Buah, Anak Indonesia Kreatif (GEMMAS MAKIN BAIK) dan untuk mendukung program tersebut, dirinya menjalin kerja sama dengan beberapa pihak dan kementrian.
 
Ketua Umum IPEMI Inggrid Kansil pada acara Anugerah Penghargaan Perempuan Inspirasi Indonesia mengatakan kegiatan tersebut diselenggarakan sebagai upaya partisipatif dari IPEMI atas peran multitasking perempuan Indonesia yang mampu berkontribusi dan menorehkan prestasi namun disaat bersamaan tak melupakan kodratnya dalam mengurus keluarga, melahirkan, dan membesarkan generasi generasi-penerus terbaik bangsa Indonesia ke depan.
 
Sekretaris Jenderal IPEMI Nurwahidah Saleh berharap ikhtiarnya bersama organisai IPEMI dalam menyelenggarakan Ajang Penghargaan Perempuan Inspiratif ini mampu memberikan contoh keteladanan yang menginspirasi perempuan Indonesia lainnya dan mendorong agar mereka juga bisa berprestasi serta berkontribusi dalam pembangunan nasional.

Baca juga: Kab. Pekalongan raih peringkat dua se-Jateng kategori Enabling Environment IDSD

Pewarta : KSM
Editor : Nur Istibsaroh
Copyright © ANTARA 2024