Kudus (ANTARA) - Kuota calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang diterima Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, khususnya untuk formasi guru dinilai masih kurang karena kebutuhan tenaga pendidik saat ini mencapai seribuan orang lebih, sedangkan formasinya hanya 382 orang.

"Dari formasi sebanyak itu, untuk formasi tenaga pendidik hanya 314 formasi," kata Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kudus Joko Susilo di Kudus, Senin.

Formasi sebanyak itu, meliputi formasi khusus terdapat 16 formasi dan formasi umum sebanyak 298 formasi.

Baca juga: Berikut formasi CPNS Jateng 2019

Pada tahun ini, lanjut dia, dibuka formasi khusus untuk kaum disabilitas dengan jumlah formasi sebanyak enam formasi.

Berdasarkan catatannya, kata dia, kebutuhan tenaga pendidik di Kabupaten Kudus hingga kini mencapai 3.675 orang, sedangkan yang tersedia saat ini baru 2.636 guru sehingga masih kekurangan 1.039 orang.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan Pelatihan (BKPP) Kudus Catur Widyatno membenarkan bahwa formasi CPNS 2019 untuk Kabupaten Kudus sebanyak 382 formasi.

Untuk formasi khusus, kata dia, tersedia 27 formasi, meliputi tenaga pendidik 16 formasi, tenaga teknis tujuh formasi, dan tenaga kesehatan empat formasi.

Belasan formasi tersebut, dibuka untuk lulusan terbaik tersedia 18 formasi dan penyandang disabilitas terdapat sembilan formasi.

Sementara kesempatan terbanyak dibuka dari jalur umum tersedia 355 formasi dengan jumlah terbanyak untuk memenuhi kebutuhan tenaga pendidik sebanyak 298 formasi, tenaga kesehatan sebanyak 16 formasi dan tenaga teknis sebanyak 41 formasi.

Pengumuman pendaftaran dimulai dibuka hari ini (11/11), sedangkan pendaftarannya dilakukan secara daring melalui website portal pendaftaran SSCASN dengan alamat https://sscasn.bkn.do.id dan mengirim semua dokumen pendaftaran yang telah diunggah dalam portal pendaftaran kepada bupati Kudus.

Untuk pendaftaran secara daring baru dibuka pada Senin (11/11) pukul 23.00 WIB, sedangkan pengiriman berkas pendaftarannya dimulai Selasa (12/11).

Baca juga: Ganjar akan tindak tegas calo CPNS 2019
Baca juga: Rekrutmen CPNS diharapkan prioritaskan tenaga fungsional

Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024