Semarang (ANTARA) - Sebanyak sembilan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Tengah menerima penghargaan berupa Badan Kehormatan Award karena dianggap memenuhi beberapa aspek penilaian.

Sembilan legislator tersebut adalah Alwin Basri dari PDI Perjuangan, Ferry Wawan Cahyono (Partai Golkar), Sri Marnyuni (Partai Amanat Nasional), Yudi Indras Wendarto (Partai Gerindra), Sukirman (Partai Kebangkitan Bangsa), Tety Indarti (Partai Demokrat), Masruhan Samsuri (Partai Persatuan Pembangunan), Hadi Santoso (Partai Keadilan Sejahtera), dan Rukma Setyabudi yang saat ini menjabat sebagai Ketua DPRD Jateng.

Daftar legislator penerima penghargaan itu dibacakan oleh Ari Pradanawati selaku ketua tim penilai yang berasal dari kalangan akademisi.

Awalnya Ari membacakan delapan legislator penerima penghargaan dan meminta Rukma Setyabudi untuk menyerahkan piagam penghargaan dan mengucapkan selamat kepada legislator penerima.

Setelah semua penghargaan diserahkan, Ari membuka satu amplop terakhir yang sengaja disimpannya dan ternyata amplop tertutup itu berisi nama legislator kesembilan yang menerima penghargaan yakni Rukma Setyabudi.

Mendengar hal tersebut, spontan seluruh hadirin yang berada di Hotel Alila, Kota Surakarta, pada Sabtu (31/8) malam itu langsung bertepuk tangan.

Ari menjelaskan materi penilaian kepada legislator penerima BK Award meliputi kuantitas pemberitaan di media, tingkat kehadiran di dalam rapat atau paripurna, pelaksanaan reses, dan kegiatan pembahasan legislasi.

Ketua BK DPRD Jateng Bambang Haryanto yang menyematkan tanda mata dan piagam penghargaan secara langsung kepada Ketua DPRD Jateng Rukma Setyabudi memaparkan secara singkat dalam penyelenggaraan BK Award yang diberikan kepada para anggota dewan dalam menjalankan tupoksinya sebagai lembaga legislatif yang dalam kinerja memberikan terbaik untuk masyarakat.

"BK Award juga menjadi pembuktian bagi masyarakat bahwa lemabaga legislatif ada dan hadir untuk masyarkat meningkatkan pembangunan di semua sektor. Ini juga sebagai cambuk bagi anggota dewan lainnya untuk meningkatkan kinerjanya sebagai anggota legislatif memberikan apa yang terbaik yang dibutuhkan oleh masyarakat Jawa Tengah," katanya.

Sementara itu, Rukma Setyabudi mengatakan pemberian BK Award kepada para legislator sebagai bentuk penghargaan kepada wakil rakyat yang berkomitmen dalam menjaga kode etik, disiplin, dan tingkah laku, dimana komitmen tersebut sangat penting dalam rangka menjaga martabat serta kehormatan DPRD Jateng.

"Penghargaan ini merupakan salah satu upaya BK DPRD Jateng dalam memberikan penilaian sesuai kerangka kerja DPRD yaitu kode etik, kedisiplinan, dan tingkah laku dengan melibatkan tim profesional sebagai penilai," ujarnya.

Pewarta : Wisnu A.N
Editor : Wisnu Adhi Nugroho
Copyright © ANTARA 2024