Semarang (ANTARA) - PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta terus berupaya memberikan pelayanan secara maksimal masyarakat termasuk saat mudik Lebaran salah satunya dengan menyediakan colokan charge ponsel gratis di 24 Posko Lebaran di sepanjang jalur mudik di Jawa Tengah dan DIY.

Senior Manager General Affairs PLN UID Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta, Audi Damal menyebutkan posko tersebut tersebar di 24 tempat, yang terdiri dari 14 posko jalur tol dan 10 posko jalur non-tol.

"Tujuan disiapkannya posko tersebut merupakan salah satu wujud kepedulian PLN kepada masyarakat, khususnya yang melewati jalur mudik Jawa Tengah dan DIY. Kami berharap pemudik dapat melakukan perjalanannya dengan nyaman. Selain itu, kami juga ingin hadir di tengah masyarakat khususnya pada momen Idul Fitri 1440 H," kata Audi.

Posko mudik PLN non-tol dibuka dari H-3 sampai dengan H+3 lebaran yang berlokasi di kantor PLN ULP Brebes, ULP Batang, ULP Kendal, ULP Demak Kota, ULP Juwana, ULP Sumberlawang, ULP Klaten Kota, ULP Kalasan, ULP Wates, dan ULP Parakan.

Sedangkan posko mudik jalur tol dibuka dari H-4 sampai dengan H+7 lebaran, yang berada di Rest Area Km 252 (Jatibarang), Km 260 (Jatibarang), Km 275 (Slawi), Km 282 (Slawi), Km 294 (Tegal), Km 379A (Batang), Km 389 (Weleri), Km 391A (Kendal), Km 05 + 200 (Semarang), Km 456 (Salatiga), Km 487A (Boyolali), Km 487B (Boyolali), Km 519A (Sragen), dan Km 519B (Sragen).

"Yang menarik pada posko mudik kali ini para pemudik yang ingin beristirahat juga dapat melakukan charge ponsel secara gratis dengan menggunakan SPLU (Stasiun Penyedia Listrik Umum). Selain itu PLN juga menyediakan meja dan kursi, serta minuman ringan yang juga gratis," katanya.

Lebih lanjut Audi mengimbau beberapa hal yang perlu diperhatikan masyarakat sebelum mudik ke kampung halaman, seperti mematikan serta mencabut semua peralatan listrik sebelum meninggalkan rumah, memasang sensor cahaya agar lampu menyala dengan efisien, dan mengisi token listrik bagi pelanggan prabayar.

"Kami berharap, dengan adanya posko mudik ini akan memudahkan masyarakat dalam melakukan perjalanan mudik. Dan kami segenap manajemen PLN UID Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 H," demikian Audi.

Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024