Rembang (ANTARA) - PT Semen Gresik pada 2019 kembali menggelar Balik Gratis Lebaran. 

Selain sebagai bentuk dukungan Program Mudik Bareng BUMN 2019, kegiatan ini untuk meringankan beban biaya transportasi masyarakat yang ingin kembali ke perantauan setelah ber-Lebaran di kampung halaman.

Rutenya, Pelabuhan Tanjung Emas Semarang menuju Kumai dan Sampit, Kalimantan Tengah.

Pendaftaran Balik Gratis Lebaran 2019 PT Semen Gresik dibuka 16 Mei--10 Juni 2019. 

Kepala Departemen Komunikasi dan Hukum PT Semen Gresik Gatot Mardiana mengatakan aktivitas mudik dan balik Lebaran merupakan tradisi yang baik karena menjadi wadah silaturahim antarsesama. 

Meskipun untuk melakukan hajat tahunan itu butuh biaya cukup besar karena pergeserannya tidak hanya antarkota tapi bisa antarprovinsi bahkan antarpulau.

Salah satu biaya yang cukup besar berasal dari transportasi. Baik dari tempat perantauan menuju kampung halaman dan begitu juga sebaliknya.

Terkait hal itu, PT Semen Gresik menggelar kegiatan Balik Gratis Lebaran 2019. 

Perantauan

Kumai dan Sampit dipilih sebagai lokasi tujuan kegiatan ini karena banyak perantauan dua wilayah itu yang berasal dari Rembang, kawasan pantura timur maupun daerah lain di Provinsi Jawa Tengah.

"Tahun lalu kegiatan serupa sudah kita laksanakan dan masyarakat sangat antusias. Makanya tahun ini kita gelar lagi dan tetap gratis karena biaya ditanggung Semen Gresik," kata Gatot Mardiana, di Rembang, Rabu (15/5).

Moda transportasi yang digunakan Balik Gratis Lebaran 2019 adalah kapal laut. Kuota yang disediakan Semen Gresik sebanyak 520 kursi. 

Sebanyak 200 kursi khusus untuk wilayah Rembang dan sekitarnya, proses pendaftaran ditangani langsung Semen Gresik. 

Sementara itu, 320 kursi diserahkan kepada PT Pelni Cabang Semarang. Tujuannya agar masyarakat dari wilayah Semarang dan berbagai daerah lain juga bisa menikmati Program Mudik Bareng BUMN 2019 ini.

"Masyarakat yang berminat mengikuti kegiatan ini bisa mendaftarkan dirinya via telepon. Ada dua karyawan Semen Gresik yang melayani, yakni Suwoko (0822-3489-9434), Suprianto (0813-2998-7561). Atau R2B FM dan NU Rembang FM yang siap melayani,” jelasnya.  

Dua kapal yang disiapkan dalam kegiatan Balik Gratis Lebaran 2019 akan diberangkatkan pada Minggu (16/6) di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. 

Untuk tujuan Sampit berangkat pukul 08.00 WIB, sedangkan tujuan Kumai bertolak dari pelabuhan terbesar di Jateng itu pukul 17.00 WIB.

Program Balik Gratis Lebaran ini, kata Gatot Mardiana, merupakan salah satu komitmen nyata Semen Gresik yang tidak hanya mengejar keuntungan, namun juga terus memberikan berbagai kemanfaatan bagi masyarakat.

"Spirit BUMN Hadir untuk Negeri kita wujudkan melalui kegiatan ini," tandasnya. ***

Pewarta : KSM
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024