Jakarta (ANTARA) - PSM Makassar berhasil membalikkan kedudukan dari tertinggal 0-2 hingga akhirnya menang 3-2 atas tim Liga Singapura Home United di laga Grup H Piala AFC 2019, Selasa.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Pakansari, Cibonong, Jawa Barat itu, PSM tertinggal 0-2 terlebih dahulu melalui dua gol Mohammad Hafiz Noor (51', 55').

PSM kemudian membalasnya lewat gol dari Klok (60'-penalti, 78') dan Guy Junior (86').

Kemenangan membuat PSM Makassar semakin kokoh di puncak klasemen sementara Grup H dengan 11 poin dari lima pertandingan.

Untuk lolos langsung dari fase grup ke semifinal zona ASEAN Piala AFC 2019, PSM cuma butuh minimal hasil seri di laga terakhir Grup H kontra Lao Toyota yang akan berlangsung  di Laos pada Selasa (14/5).

Home United turun dari posisi kedua ke peringkat ketiga dengan tujuh poin dan Kaya FC-Iloilo naik ke peringkat kedua dengan delapan poin. Sementara Lao Toyota di posisi terakhir atau keempat dipastikan tersingkir karena baru mengoleksi satu poin dari lima pertandingan.

Dari laga PSM kontra Home United di Pakansari, kedua tim sama-sama pantang menyerah demi mencetak gol sejak awal laga meski bertanding di bawah guyuran hujan yang cukup deras.

Abdil Mutayib membuka peluang untuk Home United di menit kedelapan, tetapi bola hasil tendangan kaki kanannya meleset.

PSM kemudian membalas tiga menit kemudian melalui penyerang Guy Junior, diturunkan sebagai pengganti Eero Markkanen yang menjalani sanksi, yang sepakannya juga belum menemukan sasaran.

Skuat berjuluk Juku Eja mempunyai beberapa kesempatan lain melalui Willem Jan Pluim, Munhar, Asnawi Mangkualam Bahar dan Muhammad Arfan, tetapi semuanya mentah dihadang barisan pertahanan Home United.

Tak ada gol hadir di babak pertama dans kor imbang 0-0 bertahan sampai laga memasuki masa jeda.

Enam menit paruh kedua dimulai, Home United membuka gol hasil sepakan Mohammad Hafiz Noor. Nama yang sama kembali mencetak gol di menit ke-55 untuk membuat Home United memimpin 2-0.

PSM Makassar yang tersengat lalu berupaya keras mendatangkan gol balasan. Harapan itu tercapai setelah Marc Klok membuat gol di menit ke-60 melalui titik penalti.

Penalti diberikan oleh wasit setelah bek Home United Ho Wai Loon menyentuh bola dengan tangannya.

Skor 2-1, PSM semakin panas. Skuat Juku Eja mengurung Home United dan sukses menyamakan kedudukan menjadi 2-2 dari tendangan jarak jauh Marc Klok memanfaatkan umpan Munhar.

Delapan menit kemudian, PSM dengan gemilang mengambil alih pimpinan laga tersebut berkat gol kaki kanan dari luar kotak penalti penyerang Guy Junior.

PSM pun berhasil mempertahankan skor sampai akhir dan menang dengan kedudukan 3-2.

Berikut susunan pemain kedua tim.

PSM Makassar: Rivky Mokodompit-pg, Beny Wahyudi (56', M. Rahman), Taufik Hidayat, Munhar, Aaron Evans, Arfan (60', Rizky Pellu), Zulham Zamrun (75', Saldi), Asnawi Mangkualam Bahar, Willem Pluijm (kapten), Guy Junior.

Home United: Nazri Sabri-pg, Juma'at Jantan, Abdil Mutalib, Mohammed Faritz, Song Uiyoung, Mohammad Hafiz Nor (73', Iqram Rifqi Yazid), Muhammad Izzdin Shafiq (kapten), Muhammad Hami Syahin, Ho Wai Loon, Muhammad Hamiruldin Asraf, Adam Swandi. 

Baca juga: PSM dan Home United imbang 0-0 pada babak pertama

Baca juga: Pelatih: Home United dan PSM hadapi situasi serupa

 


Pewarta : Michael Siahaan
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024