Semarang (ANTARA) - Sepanjang sejarah, tidak pernah kantor Perum LKBN ANTARA Biro Jawa Tengah kosong alias tidak ada karyawan yang menjaganya.

Dalam situasi sesibuk apa pun, misalnya hari libur, Hari Raya Idul Fitri, Natal, dan tahun baru, kantor Biro Jawa Tengah di Jalan Veteran Nomor 1 B Semarang yang ditempati sejak 1987 itu selalu ada saja karyawan menungguinya.

Namun, demi ikut memeriahkan syukuran HUT Ke-21 BUMN di lapangan Convention Marina Kota Semarang, Sabtu (13/4) pagi yang dihadiri Menteri BUMN Rini Soemarno dan sejumlah dirut BUMN tersebut, 14 karyawan Biro Jateng yang ada di Semarang sepakat mengosongkan kantor selama 5 jam.
  Bersiap menuju Marina (Foto: Andika)
Tentu ada pertimbangan mengapa Kepala Biro Antara Jateng Achmad Zaenal M memutuskan mengosongkan kantor. Setidaknya ada tiga alasan.

Pertama, memberi kesempatan bagi office boy dan penjaga kantor malam hari untuk bisa menyaksikan langsung Menteri BUMN Rini Soemarmo. "Kapan lagi karyawan OB dan penjaga kantor bisa melihat langsung Menteri BUMN?" kata Zaenal.

Kedua, merayakan ulang tahun bersama 143 perusahaan di bawah naungan Kementerian BUMN merupakan kesempatan langka bagi karyawan di daerah. "Dengan hadir di lokasi, para karyawan daerah bisa merasakan kebersamaan dengan ribuan pegawai dari perusahaan BUMN lain," katanya.
  Foto bersama Menteri BUMN Rini Soemarmo usai acara HUT (Foto: Nur Istibsaroh)
Mengapa demi dua alasan tersebut sampai nekat mengosongkan kantor? Nah, inilah alasan ketiganya. Kebetulan kantor Perum LKBN Antara Biro Jateng bersebelahan dengan kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng.

Menjelang Pemilu 2019, kantor KPU Jateng selama beberapa bulan terakhir ini dijaga puluhan polisi. Paling tidak, kehadiran puluhan polisi tersebut memberi rasa yakin bahwa kantor Antara Biro Jateng akan aman. Menteri BUMN Rini Soemarno menyemangati ribuan karyawan perusahaan BUMN yang memadati lapangan Marina Convention Semarang, Sabtu (Foto: AZM)
Keyakinan itu terbukti. Ketika para karyawan kembali ke kantor Sabtu siang, tidak ada kejadian apa pun. 

Perjuangan menuju lokasi acara yang diwarnai kemacetan panjang rasanya terbayar sudah dengan rasa bangga menjadi bagian dari keluarga besar BUMN.

Dirgahayu Kementerian BUMN.
 

Pewarta : Achmad Zaenal M
Editor : Nur Istibsaroh
Copyright © ANTARA 2024